Ma’ruf Amin Dorong Konsep Ekonomi Syariah dan Pengembangan Sistem Halal

Padang-today.com – Ketua Panitia penyambutan kunjungan kerja Ma’ruf Amin di Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim,menyatakan buku berjudul the Ma’ruf Amin way ini cukup bagus untuk referensi perbankan syariah di Sumbar.

“Buku itu diambil dari sejumlah pemikiran Kiai Ma’ruf tentang konsep ekonomi keumatan,”kata Hendra Irwan Rahim ketika bedah buku di Padang.

Bedah buku ini akan di rumuskan nantinya akan menjadi masukan bagi bank syariah di Sumbar.

“Hasil rumusan buku ini menjadi bahan bagi DPRD sumbar untuk dibuatkannya Perda syariah,”jelas Hendra.

    Sementara itu Ma’ruf Amin menyataakan,buku tersebut ini ditulis oleh dua orang berbeda, yakni cendekiawan Muslim Anwar Abas dan Sahala Panggabean.

Buku ini berisi tentang apa yang sudah dicetusnya, kemudian dituliskan kembali oleh dua penulis itu. “Saya cukup bangga dengab dua orang penulis buku ini,”katanya.

Ma’ruf Amin mengakui dirinya memiliki perhatian khusus terhadap ekonomi terutama bagaimana mengembangkan konsep ekonomi syariah di Indonesia.

“Saya menaruh perhatian untuk mengembangkan ekonomi syariah. Hal ini berawal dari keinginan menjaga umat dari bermuamalah yang tidak sesuai syariah,”jelasnya.

    Menurut Ma’ruf Amin, sistem
sistem ekonomi syariah sudah berjalan di Indonesia, Seprti bank syariah, asuransi, pasar modal, hingga Sukuk atau obligasi syariah.

     “Bahkan soal Sukuk ini kita menjadi yang mengeluarkan produk Sukuk terbesar di dunia. Sudah menyumbangkan untuk APBN kurang lebih Rp900 triliun,”ungkapnya.

     Sekarang ini menurut Ma’ruf Amin perbankan di Indonesia sudah ada yabg berubah dari konvensional menjadi bank syariah.

“Saya juga mendengar bank nagari di Sumbar akan menjadi perbankan syariah,”imbuh dia.

    Ma’ruf Amin terus mendorong pengembangan sistem halal di Indonesia. Apalagi saat ini sudah ada Undang-undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

   “Telah keluarnya UU Tentang Jaminan Halal, wajib di patuhi bagi pengusaha. Indonesia sudah menjadi contoh soal sertifikasi halal bagi negara lain,”tegasnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas