Masjid Muslimin Terbakar: Hitungan Jam, Masyarakat yang Bersimpati Kumpulkan 15 Juta

Foto Ahdion, Kepala UPT Damkar Payakumbuh

Foto Ahdion, Kepala UPT Damkar Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Teriakan dan ucapan istighfar terdengar dari warga sekitar Balai Cacang, Kecamatan Payakumbuh Utara. Api dengan cepat menjalar dan terus membekar Masjid Muslimin yang ada di sana. Tak hanya warga, pemakai jalan yang melintas di depan Masjid Muslimin itu pun turut terkejut melihat api dengan cepat menjalar dari atap.

Masjid Muslimin diketahui terbakar pada sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (10/8). Saat itu, cuaca sangat cerah. Hanya awan hitam yang membubung tinggi yang berasal dari kobaran api mesjid, membuat suasana Kelurahan Balai Cacang semakin gaduh.

Dalam hitungan menit, api terus membesar membakar bagian-bagian lantai III Masjid Muslimin.

“Api berasal dari bagian atap masjid. Lantai III hangus,”terang Iswandi mantan pengurus Masjid Muslimin beberapa saat setelah api berhasil dipadamkan.

Empat unit mobil pemadam kebakaran Kota Payakumbuh, serta Kabupaten Limapuluh Kota dikerahkan untuk memadamkan api.

Disampaikan Iswandi, bagian masjid yang hangus adalah perpustakaan, serta ruangan TPA masjid yang dibangun sejak tahun 1940-an itu.

Ribuan lembar Alquran yang berada di lantai III turut hangus dan tidak bisa diselamatkan. Begitu juga dengan sajadah, serta karpet sholat, tidak bisa difungsikan lagi. Tak hanya di lantai III, lantai II, serta lantai I juga juga mengalami kondisi yang sama.

“Yang lebih parah akibat kebarakan di lantai III,” ungkap Iswandi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran Masjid Muslimin disebabkan oleh adanya konseltan listrik di lantai III masjid tersebut. Api membesar dari atap bagian belakang dan terus membesar ke bagian depan.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Garis polisi turut dipasang ke sekeliling masjid. Masyarakat setempat saling gotong-goyong untuk membersihkan masjid dari sisa-sisa kebakaran.

Sebagian warga lainnya juga saling meminta sumbangan kepada pengguna jalan yang melintas di depan masjid yang terbakar. Dalam hitungan jam, sekitar 15 juta rupiah terkumpul untuk dimanfaatkan dalam pembangunan Masjid Muslimin kembali.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*