Mata Garuda LPDP Sumbar, Wadah Beasiswa S2 dan S3

Padangpanjang, TODAY – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang bekerja dibawah pengawasan Kementerian Keuangan. LPDP sendiri bergerak dalam program beasiswa S2 dan S3 baik dalam negeri maupun luar negeri.

Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Di Sumatera Barat sendiri, para alumni dari LPDP akan tergabung dalam suatu organisasi yang bernama Mata Garuda. Mata Garuda adalah ikatan alumni penerima beasiswa LPDP yang berfungsi sebagai pusat kontribusi para anggota dalam pembangunan sebagai wujud dharma bakti atas ilmu yang diperoleh dan jiwa kepemimpinannya.

Pengurus Mata Garuda ini merupakan alumni dari penerima beasiswa LPDP dari perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Surya Oktaviandra, SH, LL.M diberikan kepercayaan menjadi ketua oleh alumni yang tergabung dalam Mata Garuda LPDP Sumatera Barat periode 2020/2022.

Surya merupakan lulusan S2 dari universitas luar negeri yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Bagian Organisasi Setdako Padangpanjang.

Dijelaskannya kepada Kominfo, Kamis (17/9), terkait dengan keberadaan Mata Garuda LPDP Sumbar yakni lulusan yang telah menyelesaikan studinya akan mengabdi ke daerah, guna untuk memberikan peluang dan berbagi ilmu kepada pemuda generasi penerus dalam mendapatkan dan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 kemana mereka inginkan baik dalam maupun luar negeri.

“Kita akan membimbing mereka yang ingin mendapatkan beasiswa S2 dan S3 mulai dari pelatihan dan seleksi yang diikuti,” ujarnya. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas