MAZIS Antisipasi Pengaruh ISIS di Padangpariaman

Syafri Alam.

Syafri Alam.

Advertisements

syafri-tuanku-imam

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Majelis Zikir Istiqamah Syatariah (MAZIS) Kabupaten Padangpariaman mulai antisipasi pengaruh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengadakan temu ramah dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Propinsi Sumatera Barat Prof.Dr. Syamsul Bahri Khatib. Temu ramah bakal diikuti para tuanku (ulama), pengurus dan jamaah MAZIS.

Ketua MAZIS Syafri Tuanku Imam Sutan Sari Alam mengungkapkan hal itu, Kamis (12/3/2015), di Tobohgadang, Kecamatan Sintuak. Temu ramah tersebut digelar dalam rangka peringatan HUT MAZIS ke-11 pada Rabu (18/3/2015) mendatang di Pesantren Syekh Abdul Rahman, Toboh Gadang Sintuak. Acara direncanakan dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, pengurus dan jamaah MAZIS yang tersebar di Kabupaten Padangpariaman.

Menurut Syafri, semakin merebahnya pergerakan ISIS di dunia belakangan ini yang sangat mudah diakses melalui dunia maya (internet), informasi yang disampaikan tidak bisa disaring. Mereka yang mentah-mentah menelan informasi yang diperolehnya, bisa jadi ada masyarakat di Padangpariaman terpengaruh oleh tawaran yang disampaikan pengikuti ISIS. Apalagi tawaran tersebut terkait dengan masuk surga, membela agama Islam dan seterusnya. Mereka yang pengetahuan agamanya terbatas, bisa dengan mudah tergiur.

“MAZIS menghimbau masyarakat harus hati-hati jika ada orang dilingkungannya yang menunjukkan perubahan tiba-tiba. Terutama anak-anak remaja, anak-anak muda,” kata Syafri yang juga Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Padangpariaman ini.

Dikatakan Syafri, Ketua MUI Sumbar sebagai pimpinan ulama di Sumatera Barat dapat menyamakan persepsi dan langkah-langkah menyikapi gerakan ISIS ini sehingga tidak sampai merusak ketenangan umat beragama di Padangpariaman. “Selain itu, berbagai informasi terkini perkembangan Islam yang penting disampaikan tuanku kepada umat sangat dibutuhkan. Tuanku yang berhadapan langsung dengan umat di grassroot (akar rumput) perlu terus diberikan informasi terkini,” kata Syafri.

Menurut Syafri, kemaren (Rabu,11/3/2015), Ketua MUI Sumbar sudah menyatakan kesediaan menghadiri. Ini momen penting bagi MUI Sumbar bersilaturrahmi langsung dengan umat yang butuh dakwah dan informasi terkini tentang Islam.

Selain temu ramah, HUT ke-11 MAZIS ini dimeriahkan pula dengan Salawat Dulang dari Arjuna Minang, Badai Tornado, Sintoga Jaya dan Sarafal Anam (Maulud Nabi), tambah Syafri. (dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*