Media Center Dorong Partisipasi Masyarakat Berfungsi Layani Informasi Publik

Pemko, resmikan Media Center.
Padangpanjang, PADANGTODAY.COM-Guna mendorong partisipasi dan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang aktifkan peran penting Media Center. Sesuai dengan esensinya, Media Center yang diefektifkan Senin (29/9) ini diharapkan dapat mendistribusikan informasi tentang kebijakan dan program pemerintah.

“Difungsikannya Media Center sesuai esensi sebenarnya, diharapkan dapat menjadi bentuk lain wadah sinergi antara Pemko dengan masyarakat serta insane pers. Dengan adanya Media Center, kita memiliki ruang komunikasi yang kaitannya pada kebersamaan dalam membangun Padangpanjang. Media sesuai dengan perannya, diharapkan mampu melahirkan ide dan kritikan yang menekankan pada solusi,” ungkap Wako Hendri Arnis, Minggu (28/9) kemarin siang.

Lebih lanjut dikatakan Wako Hendri Arnis, Media Center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah dan terjangkau. Hadirnya Media Center bagi SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang harus memanfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai program pemerintah baik yang akan,sedang atau telah berlangsung. Agar lebih dapat berdaya guna maka Bagian Humas yang diperkuat dengan sejumlah tenaga yang potensial di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Untuk sumber daya manusia (SDM) yang mengelola media center ini terdiri dari personal yang mampu/kompeten di bidang Informasi dan komunikasi dengan kegiatan mengumpulkan, mengolah dan menganalisa serta mengemas informasi, untuk dijadikan bahan masukan kebijakan pimpinan lebih lanjut. Untuk itu, Bagian Humas akan diperkuat dengan menambah beberapa personil, selan itu, ke depannya kita akan menambah peralatan pendukung lainnya,” papar Hendri Arnis.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) di Setko Padangpanjang, Dalmenda mengatakan Media Center sebagai media kehumasan pemerintah menurut Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap badan publik (SKPD, red) wajib memberikan informasi terkait peraturan, prosedur, program dan hasil penyelenggaraan pelayanan publik yangberada di bawah kewenangannya.

Peran Media Centersebagai media kehumasan Pemko Padangpanjang, disebutnya dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran masyarakat tentang kesadaran atas masalah yang meyangkut kepentingan umum. Mengutip makalah ‘Edward L.Burney’, dalmenda menyampaikan peran media sebagai kehumasan dari suatukelembagaan, di antaranya memberikan penerangan kepada masyarakat.
“Melalui media center ini, media jjuga diharapkan akan lebih berperan sesuai esensinya. Seperti melakukan persuasif mengubah sikap atau perilaku masyarakat dan menciptakan komunikasi dua arah dengan pemerintah,” tutur Dalmenda dihubungi terpisah melalui selulernya.

Sementara dibentuknya media center di lingkungan Pemko Padangpanjang, Dalmenda mengatakan sebagai upaya pelayanan terhadap peran penting insan pers sebagai pilar ke empat. “Peresmian Media Center langsung dilakukan oleh Walikota didampingi Sekko dengan dihadiri sejumlah kepala SKPD. Keberadaan Media Center, nantinya juga akan lebih memberdayakan peran Bako Humas pada masing-masing SKPD. Setiap kegiatan program pemerintah, diharapkan langsung terpublis sebagai informasi untuk diketahui publik secara terbuka,” pungkas Dalmenda. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas