Mediar Indra, ”Pribadi Inspirasi Kemajuan Bagi Anak Bangsa 2015”

Ir Mediar Indra MSi-Pribadi Inspirasi Anak Bangsa 2015-bersama penerima penghargaan lainnya - Ratna Listy dan Baim Wong

Ir Mediar Indra MSi-Pribadi Inspirasi Anak Bangsa 2015-bersama penerima penghargaan lainnya – Ratna Listy dan Baim Wong

Advertisements
Ir Mediar Indra MSi-paling kiri-Pribadi Inspirasi Anak Bangsa 2015-bersama penerima penghargaan lainnya.

Ir Mediar Indra MSi-paling kiri-Pribadi Inspirasi Anak Bangsa 2015-bersama penerima penghargaan lainnya.

“Pribadi Inspirasi bagi Kemajuan Anak Bangsa” 2015

“Pribadi Inspirasi bagi Kemajuan Anak Bangsa” 2015

Jakarta, PADANGTODAY.com-Inspirasi bagi lingkungan. Selama 2014, ternyata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh Ir Mediar Indra MSi telah direkam jejak langkahnya menginspirasi lingkungan kerja dan lingkungan masyarakatnya. Sebab itu, oleh Menteri Koperasi dan UKM RI selaku pihak yang menjadi pengantar Penganugerahan “Pribadi Inspirasi Kemajuan Bagi Anak Bangsa 2015” oleh Yayasan Citra Pembangunan, di Theater “Max Keong Mas” TMII – Jakarta, Jumat (6/2) menganugerahi penghargaan itu.

 

Ir Mediar Indra MSi selain dianugerahi Penghargaan, bersamanya juga diberikan penghargaan yang sama; profesor, pejabat, serta artis yang telah dipantau dan dinilai oleh Yayasan Citra Pembangunan dari track record, pengalaman, inspirasi serta media massa. Ir Mediar Indra MSi yang Lulusan Teknik Perencanaan Pembangunan Perkotaan (TMPP) Angkatan I di Aceh tahun 1990 ini ini dipandang telah mengimplementasikan keilmuan dan pengabdiannya untuk mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan.

Penyerahan penghargaan dikemas apik melibatkan anak yatim piatu di Jakarta. Penghargaan bagi para tokoh di lingkungan Pemerintahan, Pendidikan, Badan Usaha, Profesi, dan Organisasi kemasyarakatan, itu, seperti disampaikan Ketua Penyelenggara, Sandra Gunawan, bahwa penilaian selama ini berdasar penilaian memiliki kepedulian atas pentingnya pendidikan baik formal maupun non formal dan keterampilan.

”Belajar merupakan pintu gerbang untuk memperoleh ilmu yang bermakna dalam kehidupan pribadi, berbangsa dan bernegara. Dengan ilmu yang dimiliki manusia akan terangkat derajatnya dan martabat kehidupannya. Pelaku karir untuk peduli kepada anak yatim piatu agar mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya, baik pada jalur kelangsungan kegiatan belajar melalui berbagai program sesuai kemampuan yang ada, sebagai bekal bagi mereka di masa depan,” jelas Ketua Penyelenggara Penganugerahan “Pribadi Inspirasi Kemajuan Bagi Anak Bangsa 2015” Sandra Gunawan di Jakarta.

Kriteria tokoh yang diberi penghargaan, antara lain, pelaku karir di lingkungan pemerintahan, pendidikan, badan usaha, profesi dan organisasi kemasyarakatan. Dasar penilaian selama ini dilakukan dengan penilaian dari pengamat, masyarakat umum, relasi, tokoh, media massa. Penghargaan Tokoh Terpilih Anugerah “Pribadi inspirasi bagi kemajuan anak bangsa” 2015 akan menerima award dan piagam penghargaan. Kegiatan penghargaan ini dikemas dengan susunan acara; sekapur sirih, makan bersama anak yatim piatu, pembagian bingkisan/santunan, berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu. hiburan/musik, artis-artis ibukota.

Sebagai salah seorang penerima Penghargaan “Pribadi Inspirasi bagi Kemajuan Anak Bangsa” 2015 dari Yayasan Citra Pembangunan, Ir Mediar Indra MSi mengaku bahagia. Namun, ia mengaku kontribusi yang telah diberikannya untuk dunia pendidikan dan keterampilan belum seberapa.

Inspiratif

Tipikal Mediar Indra yang sudah kenyang dengan pengalaman organisasi sampai di tingkat nasional, menjadi Pembina FKPPI, Pemuda Panca Marga, serta membina olahraga, petani yang aplikatif serta dekat dengan masyarakat. Pantauan Yayasan Citra Pembangunan diakui bahwa pribadi inspiratif ini telah memberikan respond an pergerakan kemajuan bagi lingkungannya.

Mediar Indra, diakui oleh banyak pihak, termasuk Deputi Bank Dunia, Sri Mulyani memiliki ketajaman insting perencanaan pembangunan. Di mata kuliah Kebijakan Publik yang diantarkan oleh Sri Mulyani di kelas pasca sarjana Universitas Indonesia, dulu Mediar Indra menjadi bintangnya. Seluruh materi kuliah dan penerapan studi mampu dikemasnya dengan baik.

Setamat TMPP Angkatan I di Aceh, Mediar Indra dikirim ke Washington DC Amerika Serikat selama 6 bulan mengikuti Diklat Perencanaan Pembangunan Tingkat Nasional utusan Bappenas. Hasilnya, selain aktif di kelas, Mediar Indra mendapat promovendus untuk melanjutkan pendidikan Strata 3 nya di Amerika Serikat di bidang perencanaan pembangunan.

Bekerja di Bappeda Padang, sewaktu Walikota Syahrul Ujud, menjadikan Mediar Indra sangat matang di perencanaan pembangunan. Kala itu, ia menjadi tenaga ahli penyusunan anggaran dan pemetaan pembangunan Kota Padang. Padang, di kala Syahrul Ujud memang sedang maju pesat. Pembangunan sedang maraknya.

Meski begitu, di Payakumbuh, Mediar Indra masih terus mematangkan konsep perencanaan pembangunan. Sewaktu menjadi Kepala Kantor Penanaman Modal, ia berhasil membukukan pola investasi dan peta modal Kota Payakumbuh. Saat melakoni Kadis Pertanian, sebelumnya, ia mendudukkan sistem hasil buah pikiran Walikota Riza Falepi, Cooperate Farming. Berhasil guna. Telah tumbuh beragam bentuk pertanian dan olah ragam pertanian di Kota Payakumbuh.

Beberapa waktu lalu, prestasi terbaik orang baik ini, kembali diukir. Bersama timnya, ia telah menerbitkan kembali buku, kependudukan Kota Payakumbuh. Maka tak heran, bersama dengan Guru Besar Agama Islam, Prof Dr Bambang Wadhyatomo HM, Kadispenda Boven Digul Papua Drs Marlinus, tokoh Dr Yohanis Manangsang, Ribka Halus SSos, Sri Wahyuni, Maria Manalip SE, serta sederetan pesohor Indonesia, Baim Wong, Ratna Listy, Della Puspita, Cici Faraida telah diberikan penghargaan ini.

Oleh Menteri Koperasi RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dikatakannya, Penganugerahan “Pribadi Inspirasi Kemajuan Bagi Anak Bangsa 2015” oleh Yayasan Citra Pembangunan patut dipuji.

”Penghargaan ini sangat penting dan strategis sebagai upaya menjaring tokoh profesional yang berprestasi untuk dijadikan sebagai inspirator dalam rangka mempercepat pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas demi kejayaan dan kemajuan negeri yang kita cintai,” kata Menteri di pengantar resminya.

Lanjut sang Menteri, masyarakat Indonesia saat ini membutuhkan figur dan tokoh sebagai panutan dalam berkarya membangun bangsa dan negara dalam situasi keterbukaan serta kompleksitas dinamikanya. Penghargaan ini adalah buah keteladanan dan kepeloporan dedikasi dan prestasi yang telah diperlihatkan di bidang profesinya masing-masing.

Dalam kaitan pengembangan koperasi dan UKM, perlu sekali tokoh-tokoh ini memberikan andil dan semangat guna kewirausahaan yang hingga kini baru terbangun 1,65 persen. Harus dipacu hingga 2 persen. Kepada para tokoh teruslah menginpirasi dan keteladanan ke masyarakat demi kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*