Megaproyek Presiden Joko Widodo (Jokowi) Terkendala Oleh Birokrasi

Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

PADANGTODAY.COM-Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengakui kendala terbesar untuk merealisasikan deretan megaproyek Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni birokrasi. Lantaran koordinasi belum maksimal, Sofjan menyebut pelaksanaan dari beberapa program menjadi terhambat.

“Maka itu saya bilang kalau you enggak cepat bikin tim-tim pelaksana, kementerian-kementerian itu tidak siap untuk bangun begitu banyak proyek-proyeknya itu,” ujar Sofjan di Hotel Ritz Carlton, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (3/2).

Sofjan juga menuding, Indonesia belum mempunyai sumber daya manusia (SDM) mumpuni untuk merealisasikan deretan megaproyek. “Enggak ada orangnya, sebagian juga takut, ada tapi tidak ahli,” ucapnya.

Sofjan menambahkan, untuk mempercepat realisasi proyek-proyek tersebut agar didatangkan sejumlah konsultan dari luar negeri. “Kalau begitu banyak you bangun tanpa ada orang yang tim-tim pelaksanaannya baik, maka itu harus dibantu dari luar. Kita pakai konsultan dari luar maupun dalam negeri,” tuturnya.

Diharapkan, lanjut Sofjan, dengan diberdayakannya tenaga luar negeri mampu melihat secara rinci isi dari sejumlah kontrak yang ada.

“Kita lihat supaya kontrak-kontrak you tidak dibohongi. Terus kualitas barangnya juga tidak dibohongi, serta pelaksanannya sesuai pada waktunya,” tandas pria yang juga menjabat sebagai koordinator Tenaga Ahli Wakil Presiden. (bim/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*