Melalui Command Center, Warga Kabupaten Padangpariaman Bisa Sampaikan Keluhan dan Pengaduan Pakai Ponsel

Command Center di Padangpariaman

 

Padang-today.com___Pemkab Padangpariaman mulai mensinergikan data dalam Command Center. Command Center (Pusat Komando) merupakan ruangan pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

Salah satu fungsi command center yang terkenal adalah sebagai monitoring room. Tetapi tidak hanya itu, command center sangat membantu dalam mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar bidang. Command center juga dapat membantu memastikan  setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada.

Command center sangat penting bagi kantor instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan yang memerlukan manajemen krisis. Beberapa kantor pusat daerah di Indonesia telah memiliki command center sebagai pusat integrasi data mereka, untuk koordinasi dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang lebih efisien.

Dewasa ini Kabupaten Padangpariaman memiliki Command Centre (pusat komando). Ini merupakan yang pertama dan satu satunya di Sumbar. Dengan Command Centre membuat Padangpariaman kini bisa menerapkan aplikasi e-planing, e-budgeting (realisasi anggaran) e-monev (monitor pelaksanaan proyek pembangunan), e-kinerja (kinerja dan disiplin pegawai), One Data (data padang pariaman), e-Lakip (laporan kinerja), Pesduk (laporan permasalahan masyarakat), e-puskesmas (monitor pelayanan puskesmas), e-pariwisata, e-kependudukan, CCTV Monitor (monitor lalu lintas/macet), dan aplikasi canggih lainnya.

Dengan Command Centre ini bupati dapat dengan mudah mengakses dan mengawasi seluruh program kegiatan Padangpariaman secara online dan digital.

Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman Zahirman mengatakan keberadaan command centre merupakan jawaban langkah Padangpariaman untuk mewujudkan Padangpariaman sebagai smart city.

Menurut Zahirman ini merupakan instruksi langsung Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang ingin menjadikan Padangpariaman sebagai daerah smartcity.

“Ini adalah impian dari bapak bupati yang menginginkan Padangpariaman bisa sejajar dengan kota kota besar di Indonesia seperti Bandung dan Surabaya”, ujarnya di kantor Bupati Padangpariaman, baru-baru ini.

Kadis Kominfo Padangpariaman Zahirman

Sementara itu Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengaku puas dengan progres program smart city yang terus dikebut oleh Diskominfo.

“Ini bagus sekali, ini akan menjadi lompatan besar untuk kemajuan Kabupaten Padangpariaman, ini pertama di Sumbar. Saya apresiasi untuk Diskominfo karena mampu menjawab tantangan yang saya berikan dengan baik”, tandasnya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*