Meluapnya Dua Sungai Mengakibatkan Sejumlah Desa Terendam Banjir

Ilustrasi Banjir

Ilustrasi Banjir

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Sejumlah desa di dua kecamatan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah Jumat (20/3) sore ini terendam banjir akibat meluapnya dua sungai yang berhulu dari Kabupaten Semarang. Akibatnya, ratusan rumah dan tanaman padi yang siap panen terendam air.

Salah satu desa yang terendam cukup parah yaitu Desa Kali Tengah, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Hingga Jumat sore, genangan air merendam jalan dan pemukiman warga masih sangat tinggi.

Di desa ini, setidaknya ada sebanyak 500-an rumah warga yang terendam dengan kedalaman 40 sentimeter hingga 80 sentimeter. Sementara di jalanan penghubung antar desa ketinggian air mencapai 60 centimeter. Akibatnya banyak yang terganggu aktivitasnya. Selain itu mereka juga berupaya untuk mengungsi mencari tempat yang lebih aman dari banjir.

Suwarno, salah seorang rumah yang terendam banjir menuturkan, kedalaman air di dalam rumahnya mencapai 60 centimeter.

“Banjir ini akibat luapan sungai dan hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Demak dan Kabupaten Semarang,” ungkapnya saat ditemui dirumahnya Jumat (20/3).

Suwarno menambahkan, untuk menghindari barang-barangnya agar tidak rusak terendam banjir, dirinya langsung memindahkan barang miliknya ke rumah saudaranya yang aman dari rendaman banjir.

Kepala Desa Kalitengah Syafiudin menjelaskan ratusan rumah di desanya terendam banjir akibat luapan dari Sungai Rendeng tidak mampu menampung debit air berasal dari Kabupaten Semarang dan Salatiga.

“Banjir juga merendam puluhan hektar tanaman padi yang siap panen. Dikawatirkan jika banjir tidak segera surut, tanaman padi yang siap panen akan membusuk,” jelas Safiudin.

Di Kecamatan Mranggen, selain Desa Kalitengah, banjir juga merendam Desa Teluk, Desa Ngemplak dan Desa Waru. Banjir juga melanda di Kecamatan Guntur di antaranya di Desa Gaji, Desa Tangkis dan Desa Krandon. Banjir di Kecamatan Guntur ini akibat luapan Sungai Setu yang tidak bisa menampung air dari Kabupaten Semarang.

(hhw/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*