Memakai Eyeliner Dapat Memicu Infeksi dan Penglihatan Kabur

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Suka pakai eyeliner atau pensil mata? Studi terbaru mengungkapkan bahwa memakai eyeliner/pensil mata di bagian dalam garis bulu mata dapat memicu infeksi dan penglihatan kabur.

Risiko tersebut akan meningkat pada orang yang memakai lensa kontak. Karena itu, menurut para ahli, wanita disarankan hanya memakai pensil mata/eyeliner di bagian luar garis mata.

Alison Ng yang memimpin studi ini menemukan bahwa lilin dan pigmen yang terkandung dalam eyeliner/pensil mata dapat mengikat lensa kontak, mengurangi kualitas penglihatan dan bahkan berpotensi menyebabkan penglihatan kabur.

Dr Ng yang berasal dari University of Waterloo, Kanada, menambahkan bahwa ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan partikel dari eyeliner/pensil mata bisa pindah ke mata.

Untuk menguji pengaruh eyeliner, para peneliti mengambil video dari setiap peserta 5 sampai 10 menit setelah memakai make-up, kemudian dihitung berapa banyak partikel eyeliner yang pindah ke mata.

“Kami melihat bahwa perpindahan makeup terjadi lebih cepat dan lebih besar ketika eyeliner diterapkan di bagian dalam garis mata,” jelas Dr Ng.

Karena itu. Dr Ng menyarankan untuk menghapus sisa eyeliner di mata untuk mencegah infeksi.

(des/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*