Memanjat Tembok Sekolah Untuk Menyelundupkan Kunci Jawaban

Ilustrasi mencotek

Ilustrasi mencotek

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Di Indonesia, Ujian Nasional membuat bisnis haram bermunculan. Beberapa orang berhasil mencuri dokumen soal lalu menjual kunci jawaban kepada siswa. Ternyata situasi yang sama terjadi di India. Upaya mencontek saat ujian nasional terjadi secara massif.

Bahkan laporan dari the Washington Post, Jumat (20/3), menunjukkan kalau contek-mencontek di Negeri Sungai Gangga jauh lebih gila dibanding aksi pelajar Indonesia. Soalnya keluarga siswa, mulai dari ayah, kakak, paman, adik, dan lain sebagainya, ikut membantu.

Surat kabar dan televisi India menampilkan gambar-gambar menggelikan, bagaimana keluarga siswa peserta ujian sampai memanjat tembok sekolah untuk menyelundupkan kunci jawaban. Polisi di luar sekolah mendiamkan saja. Pengawas pun kelabakan. Ada foto menunjukkan seorang pengawas bingung harus menghukum siswa yang mana, karena semua menerima kunci jawaban dari jendela.

Praktik tak terpuji itu ternyata lazim di pedalaman India. Negara Bagian mengalami kasus mencontek paling parah adalah Bihar dan Uttar Pradesh. Di sana, orang tua murid tidak terima bila anaknya gagal ujian, sehingga selalu berusaha membantu memberi bocoran jawaban.

Parlemen Bihar sampai mengeluarkan kebijakan khusus pidana bagi warga terlibat upaya membocorkan soal ujian pada siswa SMA. Puluhan orang tua murid sudah ditahan sejak tahun lalu ketika beleid itu mulai berlaku.

Masalahnya, kualitas pendidikan di pedesaan India memang timpang dibanding perkotaan. Data Lembaga Pratham, cuma 48 murid di kawasan tertinggal India sanggup membaca buku teks secara lancar.

Selain itu, budaya tidak mau menerima kegagalan juga menjadi kambing hitam. “Apakah pemerintah India akan terus disalahkan, ketika orang tua murid masih saja mendukung tindakan tidak terpuji,” kata Menteri Pendidikan P.K Sahi.

Selama ujian pekan ini, Dinas Pendidikan tidak meloloskan nyaris 500 pelajar karena ketahuan mencontek. Beraneka ragam foto upaya mencontek yang unik-unik di pedesaan India sedang ramai jadi pembicaraan di Facebook dan Twitter.

(ard/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*