Meminum Kaldu Dari Tulang Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Ilustrasi Meminum Kaldu

Ilustrasi Meminum Kaldu

PADANGTODAY.COM – Menjadi awet muda dan memiliki kesehatan yang prima adalah keinginan hampir semua orang. Karena itu, sejak lama rahasia awet muda selalu diburu, baik itu berupa cairan keabadian atau resep-resep kuno yang dipercaya bisa membuat orang tetap muda selamanya. Baru-baru ini, sebuah resep awet muda dan kesehatan ‘dibocorkan’ oleh para model yang terlibat dalam acara New York Fashion Week.

Mereka mengaku bahwa rahasia untuk memiliki tubuh yang awet muda dan sehat adalah kebiasaan mengonsumsi kaldu dari tulang atau bone broth. Kaldu dari tulang diklaim kaya akan asam amino, yang dipenuhi kalsium dan kolagen. Minum kaldu dari tulang akan mencegah berbagai penyakit, menyembuhkan nyeri sendi, dan menyehatkan kulit, kuku, dan rambut.

Kaldu ini juga tak banyak mengandung kalori, sehingga sangat aman dikonsumsi jika Anda sedang berdiet. Kaldu dari tulang ternyata sudah sangat populer dan bisa digunakan hampir pada semua masakan, mulai dari rebusan sampai telur orak-arik, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/03).

Anda bisa membuat kaldu dari tulang sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, tambahkan dua sampai tiga kilogram tulang sapi, domba, atau ayam dalam sepanci air. Kemudian tambahkan bawang merah, wortel, dan seledri. Tambahkan juga sedikit cuka lalu panaskan. Setelahnya, biarkan dalam nyala api kecil selama 24 jam. Ini penting untuk mengurai protein yang ada di dalamnya.

Meski banyak model yang percaya dengan keampuhan kaldu dari tulang untuk menjaga agar tetap muda, namun Sian Porter, seorang ahli dari British Dietetic Association tak begitu yakin. Menurutnya, kaldu dari tulang memang mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin, namun dalam jumlah yang sedikit. Minum kaldu tulang tak lebih baik daripada makan daging langsung.

Namun Porter menjelaskan bahwa membuat kaldu sendiri lebih baik daripada membeli kaldu yang sudah jadi di pasaran, karena lebih menyehatkan. Kaldu dari tulang juga memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan flu, demam, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

(kun/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas