Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkarakter Melalui Perlombaan Ditingkat Pelajar

Sekda Agam Syafirman berikan pengarahan kepada peserta lomba Baca puisi antar pelajar.

Sekda Agam Syafirman berikan pengarahan kepada peserta lomba Baca puisi antar pelajar.

AGAM, PADANGTODAY.com-Membaca adalah kunci untuk membuka dunia dan dengan membaca itulah nantinya sumber daya manusia yang berkarakter itu akan tercipta dengan sendirinya. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam Syafirman, saat membuka lomba baca puisi siswa SMP dan SMA, lomba bercerita untuk siswa SD dan Madrasah, serta lomba menulis artikel untuk siswa SMA yang dilaksanakan di halaman kantor Arsip dan Perpustakaan, Selasa (28/4).

Syafriman juga menambahkan, dengan banyak membaca akan meningkatkan dan memperluas wawasan serta ilmu pengetahuan. Guna mencapai hal tersebut, salah satunya dapat di tempuh melalui perlombaan seperti yang dilakukan saat ini, sehingga nantinya dapat menghasilkan sumber adaya manusia yang berkualitas.

“lomba semacam ini merupakan sarana untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada para siswa untuk berkiprah dan menunjukkan kebolehannya yang telah di dapat selama ini di bangku sekolah, sehingga ilmu yang telah diperoleh, dapat ditunjukkan dalam perlombaan seperti ini yang akan membawa nama harum Kabupaten Agam dtingkat Provinsi maupun ditingkat nasional,” ujar Syafirman.

Sekda Agam juga berharap dengan perlombaan ini akan menambah minat para siswa untuk membaca, mengembagkan bakat dan menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter menuju keseimbangan kecerdasan intelektual dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

lomba yang diadakan selama dua hari tersebut, diikuti oleh 15 orang peserta dari utusan kecamatan se-Kabapaten Agam yang akan diadakan selama dua hari mulai Selasa (28/4) sampai Rabu (29/4). Lomba ini diadakan untuk mendukung dan mensukseskan gerakan Agam membaca, mengetahui, memahami, membangkitkan kembali nilai budaya lokal dan bercerita tentang rakyat masa lalu.

Bagi pemenang lomba akan mendapatkan Juara I Trophy beserta tabanas Rp.2 Juta, Juara II Trophy Tabana Rp.1.500.000, Juara III Trophy 1 juta, Harapan I Trophy plus tabanas Rp.750.000,- dan Harapan II Trophy plus tabanas Rp.500.000,-.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas