Mendikbud: Jadilah Guru yang Diingat Muridnya

 
Jakarta, PADANGTODAY.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengingatkan para guru untuk menjadi tenaga pendidik yang namanya selalu diingat oleh murid-muridnya. Caranya adalah dengan menjadi guru yang menyenangkan, menginspirasi, dan mencerahkan bagi anak-anak didiknya.

Advertisements

Hal tersebut dilontarkannya saat menjadi pembicara kunci dalam seminar pendidikan bertajuk “Mewujudkan Revolusi Mental melalui Penguatan Peran Strategis Guru”, Rabu (26/11), di Gedung D, kantor Kemendikbud, Jakarta. Seminar ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2014.

Sebelumnya, Mendikbud bertanya kepada para peserta seminar yang terdiri atas para tenaga pendidik, apakah masih mengingat nama guru-guru mereka ketika masih sekolah dulu? Pertanyaan selanjutnya adalah bisakah menyebut 10 nama gurunya? Jawaban para guru yang hadir, hanya mengingat 3-4 nama guru. “Padahal kalau kita hitung, guru di SD saja minimal ada enam, kemudian di SMP ada belasan mata pelajaran, demikian pula di SMA. Paling tidak ada sekitar 30 guru yang pernah mengajar kita,” tuturnya.

Mendikbud mengatakan, menjadi guru yang diingat atau terlupakan adalah pilihan. “Bayangkan 20 atau 30 tahun mendatang, ketika anak-anak yang Bapak dan Ibu didik, suatu ketika ditanya masih ingatkan nama guru Anda? Apakah nama Bapak dan Ibu disebut? Jawabannya jangan “mungkin”, tapi harus!” katanya.

Mendikbud melanjutkan, jejak mengajar para guru saat ini akan menempel lekat pada ingatan siswa, jika mereka dididik sebagai seorang pembelajar. “Rangsang anak-anak agar mau terus belajar,” ujar Mendikbud. (dil/Ratih Anbarini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*