Mendikbud Menarik Buku Berjudul Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

ilustrasi buku

ilustrasi buku

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Mendikbud Anies Baswedan menarik buku berjudul Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang beredar di kawasan Jombang, Jawa Timur. Penyebabnya, ada konten yang berbau radikal dan aktivitas romantis di dalamnya.

Buku berwarna hijau ini dibuat untuk siswa SMA kelas X dan XI. Anies menunjukkan halaman demi halaman buku itu kepada wartawan di kantornya.

“Soal buku yang jadi ini salah satu contoh bila sebuah buku belum disiapkan dengan baik, ditulis secarta tergesa-gesa, tidak direview secara lengkap, lalu dipakai untuk bahan ajar. Ini adalah buku kurikulum 2013,” kata Anies di kantornya, Jl Sudirman, Jaksel, Jumat (20/3/2015).

“Buku ini adalah buku yang isinya saya sampai kaget lihat isinya, ada ilustrasi-ilustrasi aktivitas romantis. Ini belum keluar di socmed,” tambah Anies.

Tidak dirinci oleh Anies maksud aktivitas romantis. Namun dari gambar yang ditunjukkannya, ada gambar pria dan wanita sedang duduk berduaan. Lalu menurut media di Jombang, ada kalimat bernada ajaran radikal yang memperbolehkan pembunuhan pada mereka yang berlainan keyakinan.

“Ketika materinya Fisika, Matematika, belum tentu semua orang akan membaca dengan detail. Tapi begitu materinya agama, semua orang akan membaca dan terlihat. Karena itulah kita kemarin mengambil kebijakan tahan jangan dijalankan semua tempat,” tambahnya.

Saat ini, buku tersebut sudah ditarik dan direview. Bagi Anies, ajaran-ajaran dalam buku tersebut sangat berbahaya dan dia mempertanyakan kenapa bisa lolos.

“Semua karena dikerjakan mengejar waktu. Akibatnya kita tidak bisa berkompromi dengan kualitas,” keluh Anies.

Apakah ada buku pengganti bila buku tersebut ditarik? “Ada buku-buku pengganti yang dan ada juga buku-buku sebelumnya yang kita gunakan di kurikulum sebelumnya,” jawabnya.

(mad/mad/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*