Mendikbud Resmikan Perluasan Masjid Baitut Thalibin Tahap Pertama

Mendikbud meresmikan Masjid Baitut Thalibin.

Mendikbud meresmikan Masjid Baitut Thalibin.

Jakarta, PADANGTODAY.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, didampingi Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemdikbud, Ainun Naim, resmikan perluasan Masjid Baitut Thalibin. Peresmian ini dilakukan di halaman Masjid Baitut Thalibin seiring dengan selesainya pembangunan perluasan Masjid Baitut Thalibin tahap pertama. ”Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim perluasan Masjid Baitut Thalibin tahap pertama secara resmi kita manfaatkan penggunaannya”,tutur Mendikbud di lokasi perluasan Jumat (17/10/2014).

Mendikbud berpesan agar masjid dikelola dengan baik. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Kemdikbud sehubungan dengan akan berakhirnya jabatan mantan rektor ITS ini sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Mudah-mudahan masjid ini barokah, mohon dapat dikelola dengan baik dan terus pertahankan ke-Rahmatan Lil’alamin-an dari masjid ini sehingga masjid ini menjadi payung untuk siapapun yang masuk ke masjid ini, dan dalam kesempatan ini sekaligus saya mohon pamit, insya allah minggu depan saya sudah di Surabaya lagi” tuturnya.

Mendikbud juga mengapresiasi PT. Mandiri Tbk, yang telah membantu renovasi dan perluasan masjid yang berlokasi di Komplek Kemdikbud Senayan Jakarta.

Proses renovasi telah dimulai sejak tanggal 2 Mei 2014 dan akan selesai pada awal tahun 2015. Dalam laporannya Sesjen Ainun mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk renovasi perluasan masjid Baitut Thalibin diperkirakan mencapai Rp3,8 milyar. Biaya tersebut merupakan anggaran yang dikumpulkan dari beberapa donator dan sebagian dari anggaran APBN.

Ainun menambahkan, ke depan, rencana pembangunan Masjid Baitut Thalibin adalah pemasangan membran untuk atap masjid, perubahan interior masjid yang ada di dalam, serta pemindahan tempat wudu dan toilet yang berada di lantai dasar ke luar, sehingga pelaksanaan ibadah menjadi khusyuk dan nyaman. (dil/Dennis Sugianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*