Mendikbud Resmikan Rumah Pintar Cipta Lokatara

Mendikbud Resmikan Rumah Pintar Cipta Lokatara.

Mendikbud Resmikan Rumah Pintar Cipta Lokatara.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.com-Guna meningkatkan minat baca dan mengembangkan potensi kecerdasan anak, satu lagi rumah pintar diresmikan. Rumah Pintar Cipta Lokatara diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, didampingi Ibu Menteri Laily Rahmawati M.Nuh, berserta ketua dan pengurus Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Senin (13/10/2014).

Mendikbud mengatakan, rumah pintar ini ibarat tanaman yang sudah dipupuk, dan dirawat sedemikian rupa, sehingga sayang apabila ditelantarkan. Oleh karena itu ia berpesan agar rumah pintar ini bisa terus dijaga dan dikembangkan melalui sistem jaringan yang baik antar rumah pintar, serta penerapan perangkat lunak yang mempermudah akses bagi masyarakat.

“Kita harus bersyukur dan merasa bahagia, karena kita sudah mempersiapkan infrastruktur sosial, dan kita juga telah membuka kunci adanya partisipasi publik untuk ikut serta didalam memanfaatkan infrastruktur sosial itu dalam rangka mempersiapkan terjadinya surplus generasi positif, ” ujar Mendikbud, saat peresmian rumah pintar Cipta Lokatara di Jakarta Selatan, Senin (13/10/2014).

Menteri Nuh berharap, agar peresmian rumah pintar ini bisa bermanfaat bagi warga masyakarat, serta mampu membangun masyarakat yang lebih cerdas, mandiri dan berdaya saing. Rumah pintar yang berlokasi di Cirendeu Jakarta Selatan ini merupakan penyedia layanan pembelajaran sepanjang hayat.

Dari laporan Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) Hamid Muhammad, rumah pintar Cipta Lokatara merupakan rumah pintar ke 443 yang telah diresmikan, di samping rumah pintar lain yang didirikan oleh masyarakat.

Hamid mengatakan, tujuan didirikannya rumah pintar ini selain meningkatkan minat baca dan mengembangkan potensi kecerdasan anak, juga untuk mengenalkan teknologi, dan mengembangkan, memberdayakan keterampilan masyarakat berbasis potensi lokal. Melalui pembelajaran di sentra kriya, dapat memacu kreativitas masyarakat untuk mempertahankan, dan melestarikan budaya lokal, dan menumbuh kembangkan kemampuan berwirausaha dari masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua SIKIB Okke Hatta Rajasa, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang terjalin antara kementerian pendidikan dan kebudayaan, masyakarat, pemerintah daerah, serta pihak swasta dalam mewujudkan berdirinya rumah pintar ini, dan berharap bahwa kerja sama ini bisa terus berlanjut, untuk terus meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. (dil/Harriswara Akeda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*