Mendikbud: Terapkan Ujian Nasioanl Jujur Dan Berintegritas

Anies Baswedan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Anies Baswedan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Advertisements

JAKARTA, PADANGTODAY.com-Berbagai pandangan dan pendapat bergulir mengenai ujian nasional, baik itu mendukung atau pun tidak mendukung adanya ujian nasional. Berbagai pandangan dan pendapat menjadi hal yang wajar, dan dapat menjadi masukkan serta bahan pertimbangan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam merumuskan pelaksanaan ujian nasional.

“Dari berbagai rumusan tentang ujian nasional, hal terpenting adalah terapkan ujian nasional dengan jujur dan penuh integritas,” Demikian disampaikan Mentri Pendididikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Anies Baswedan dalam acara forum diskusi kelompok, di kantor Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta Jumat (16/1) lalu.

Mendikbud menekankan keberhasilan atas lulusan perserta ujian nasional tidak boleh dipolitisasi, atau dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu daerah ataupun sekolah. Hal ini menjadi perhatian tersendiri, agar pelaksanaan ujian nasional dapat dilaksanakan dengan jujur dan berintegritas, serta tidak menjadi beban bagi para siswa.

“Pelaksanaan UN yang jujur dapat menanamkan karakter yang juur juga pada siswa. Kejujuran saat ini akan menjadi potret masa depan, “ujar Mendikbud.

Mendikbud juga mengatakan, berbagai langkah praktis penyempurnaan pelaksaan ujian nasional akan dilakukan. Mendikbud berharap para peduli pendididikan dan kebudayaan dapat bersama-sama membantu memperbaiki dan menyempurnakan pelaksanaan UN, kata Mendikbud, akan terus dilaksanakan sebagai upaya menyempurnakan pelaksaan ujian nasional.

“Saya ucapkan terimakasih kepada tim yang sudah bekerja keras tanpa henti. Saya berharap forum diskusi kelompok ini menjadi diskusi yang produktif, dan menghasilkan rancangan yang tepat,” pungkas Mendikbud.(as/seno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*