Mengenang Kepahlawanan di Situjuah, Letda Raudani Diupacarakan Resmi

Mengenang Kepahlawanan di Situjuah, Letda Raudani Diupacarakan Resmi

Mengenang Kepahlawanan di Situjuah, Letda Raudani Diupacarakan Resmi

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Masih berbekas perjuangan itu, di dada anak dan cucu Letda Raudani, Danru Batalyon Singa Harau yang tewas oleh Belanda dalam Peristiwa Situjuh, 15 Januari 1949. Ziarah kubur di Situjuh Gadang dilakukan secara Upacara Resmi, setiap tahunnya.

Letda Raudani putra Pangkalan Koto Baru itu menghadang Pasukan Belanda yang telah memporak-porandakan pahlawan dan pejuang Indonesia. Para pejuang ini, tengah melakukan rapat di Lurah Kincir Situjuh Batur 15 Januari 1949, subuh hari.

Penghadangan yang dilakukan Letda Raudani bersama 10 orang anggotanya di sekitar Limbukan atau kini Perumahan Kubang Gajah Payakumbuh Selatan itu dilakukan terhadap Pasukan Belanda yang baru saja membunuh para pejuang di Lurah Kincir Situjuh Batur. Sebab kalah jumlah Letda Raudani bersama anggotanya gugur dan dikuburkan di Situjuh Gadang.

Upacara di Situjuh Gadang Minggu, 15 Januari 2017 itu dipimpin Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Bagus Suryopratomo Oktoberianto,S.Ik setelah Upacara Resmi di puncak acara di Situjuh Batur.

Keluarga Letda Raudani yang hadir adalah adik kandungnya H Nasruddin, 83 dari Pariaman, Abdul Razak, 62 adik sebapak beserta istri dari Payakumbuh, anak tertua dan kelima Nasruddin yaitu Bakhtaruddin dari Payakumbuh dan Syafri Nasdi dari Padang beserta keluarga.

Letda Raudani sendiri adalah anak tertua dari 10 orang bersaudara Almarhum Buya H Abdullah Afandi dengan Ibu Almarhumah Nuriah asal Pangkalan.

Buya Abdullah Afandi juga mempunyai istri asal Pangkalan, Almarhumah Rahmah dengan 7 orang anak yang salah satunya Abdul Razak serta istri ketiganya Almarhumah Arfiah asal Pekanbaru yang mempunyai dua orang anak yang kini telah meninggal dunia.

Salah satu anaknya Almarhumah Aziah. Putra ketiga Almarhumah Aziah yang 3 bersaudara itu, kini maju sebagai Calon Wako Pekanbaru 2017-2022. Ialah Drs H Dastrayani Bibra MSi, pasangan calon nomor urut 5.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*