Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi Mampu Memperpanjang Usia

Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi Mampu Memperpanjang usia

Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi Mampu Memperpanjang usia

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Seberapa banyak serat yang Anda konsumsi hari ini? Atau bahkan makanan sehari-hari yang Anda konsumsi tidak mengandung serat? Jika ya, maka sebaiknya pikirkan ulang jika Anda tidak mengonsumsi makanan berserat.

Makanan tinggi serat mampu memperpanjang usia Anda secara alami. Penelitian di China ini menemukan bahwa serat dapat menurunkan risiko penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

“Manfaat mengonsumsi makanan berserat untuk kesehatan telah diketahui sejak berabad-abad lalu. Makanan tinggi serat akan menurunkan kolesterol darah, tekanan darah, gula darah, dan mengurangi peradangan. Mengonsumsi makanan berserat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menghindarkan Anda dari keinginan untuk makan secara berlebihan.” terang Yang Yang, peneliti dari Shanghai Cancer Institute di China. “Sayangnya, porsi seseorang untuk mengonsumsi serat hanyalah 10% setiap harinya. Padahal wanita diharuskan untuk makan 25 gram serat dan pria 38 gram serat setiap harinya.”

“Sebenarnya tidak ribet jika Anda ingin menambah asupan serat tiap hari. Caranya Anda bisa mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah setiap hari, sarapan dengan gandum atau biji-bijian sehat, serta selalu mengonsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan,” sarannya. “Perilaku makan sehat ini akan menjamin Anda terhindar dari penyakit kronis dan memiliki usia yang lebih panjang.(feb/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*