Mengonsumsi Vitamin D Terlalu Banyak Dapat Menyebabkan Stroke

Ilustrasi vitamin D

Ilustrasi vitamin D

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Vitamin D telah lama dikenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda sebab mampu menguatkan tulang dan gigi serta menunjang peningkatan kesehatan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Itulah sebabnya para ahli pun menyarankan Anda untuk memperhatikan asupan vitamin D harian Anda.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari healthmeup.com menemukan fakta yang mengejutkan bahwa ternyata mengonsumsi vitamin D terlalu banyak bisa mengakibatkan Anda terkena stroke.

“Untuk pertama kalinya kami menemukan korelasi buruk di antara konsumsi vitamin D dengan risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular,” ujar Peter Schwarz, peneliti dari University of Copenhagen, Denmark. “Meski masih mengetahui penyebab yang jelas kami menemukan bahwa di dalam tubuh seseorang yang mengandung vitamin D lebih dari 100 nanomol per liter cenderung memiliki risiko yang tinggi untuk menderita penyakit jantung, kanker, dan stroke. Hasil ini kami ketahui setelah memeriksa 247.574 orang yang di dalam darahnya mengandung banyak vitamin D. Kemudian terjadi kasus kematian akibat penyakit kardiovaskular pada 16.654 orang yang masuk ke dalam sample tersebut,” lanjutnya,

“Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan kata lain, konsumsi vitamin D Anda tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Angka yang tepat berkisar di antara 50-100 nanomol per liter,” sarannya.

(fab/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*