Menlu AS, Sebut Pimpinan Arab Moderat Untuk Berdamai Dengan Israel

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Advertisements

PADANGTODAY.com – Para pemimpin negara-negara Arab berhaluan moderat telah mengungkapkan keinginan mereka untuk berdamai dengan Israel. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry kemarin.

Surat kabar Times of Israel melaporkan, Senin (8/12), Kerry mengatakan banyak negara Arab ingin membangun kerjasama dengan Israel di bidang ekonomi dan pertanian. Dia juga menekankan adanya kemajuan baik perundingan perdamaian antara Negeri Bintang Daud itu dengan Palestina namun kesepakatan dan negosiasi baru memang belum tercapai, apalagi kini ketegangan warga di dua negara itu kembali meningkat menyebabkan frustasi.

Kerry menegaskan banyak pemimpin Arab siap berdamai dengan Israel dan bekerja sama memerangi terorisme. “Kami melihat desakan potensial yakni menghabisi ekstremis,” ujar Kerry.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kerja sama dengan pemimpin Arab moderat ini bisa jadi akan membuka pintu perdamaian negaranya dengan Palestina.

Netanyahu juga menegaskan kunci dari ajakan perdamaian yakni bangsa Arab tidak lagi memandang Israel sebagai musuh.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*