Menpora Buka Pacukuda, Babendi-Bendi di Kubu Gadang

Menpora Imam Nahrawi babendi bendi di Kubu Gadang Payakumbuh

Menpora Imam Nahrawi babendi bendi di Kubu Gadang Payakumbuh

Advertisements
Menpora Imam Nahrawi bersama Walikota, Bupati, dan Ketua Pelaksana H Asyirwan Yunus

Menpora Imam Nahrawi bersama Walikota, Bupati, dan Ketua Pelaksana H Asyirwan Yunus

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi membuka Alek Anak Nagari Pacukudo Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang, Kota Payakumbuh, Minggu (15/2). Imam Nahrawi tak canggung-canggung naik kereta bendi berkuda berkeliling lapangan bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Walikota Riza Falepi, Ketua Pelaksana Asyirwan Yunus, serta Kapolres Payakumbuh AKBP Yuliani.

Pesta rakyat yang sudah dihelat lebih dari 30 tahun itu, untuk pertama kalinya dalam sejarah dihadiri oleh Menteri. Ketua panitia pelaksana pacu kuda Payakumbuh H. Asyirwan Yunus, didampingi Ketua Seksi Dana dan Sponsor Chandra Ikhwan, mengatakan, kedatangan Menpora ke Payakumbuh untuk membuka pacu kuda merupakan kebangaan bagi Luak nan Bungsu (Payakumbuh dan Limapuluh Kota) ini.

“Ini momen yang tak pernah terjadi sebelumnya. Dan momen ini akan dicatat dalam sejarah Pordasi Payakumbuh/Limapuluh Kota, karena alek anak nagari dibuka oleh Menpora,” ujarnya.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi, dalam sambutannya menyampaikan, pacu kuda merupakan olahraga yang tidak bisa dipisahkan dari umat Islam.

“Karena semenjak zaman nabi, olahraga yang satu ini sudah dianjurkan kepada para sahabatnya. Untuk itu, dimanapun olahraga berkuda ini tidak akan pernah habisnya,” ujar Iman.

Selain membuka alek pacu kuda, Menpora juga melakukan serangkaian kegiatan yang telah disusun oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Limapuluh Kota. Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, didampingi tokoh muda Luak Limopuluah Wendra Yunaldi, mengatakan, Menpora akan menghadiri acara makan durian bersama pemuda di Lareh Sago Halaban, sekaligus melakukan dialog dengan tema “Membumikan Semangat Olahraga, Membentuk Karakter Bangsa dan Gerakan Nasional Bela Negara.”

Menurut Buya Feri, panggilan akrab Ferizal Ridwan, Menpora datang ke Sumatera Barat pada Sabtu kemarin. Pada Sabtu itu, Menpora melakukan serangkaian kegiatan di Kota Bukittinggi. Di antaranya melakukan olahraga bersama masyarakat dan pejabat setempat di areal Jam Gadang. “Selanjutnya, menjelang membuka pacu kuda di Kubu Gadang Kota Payakumbuh, Minggu pagi singgah terlebih dahulu mengunjungi sekolah Raudatul Jannah yang berlokasi di Payakumbuh Utara,” terang Buya Feri, panggilan akrabnya.

Dikatakan Buya Feri lebih lanjut, di Halaban Menpora akan melakukan serangkaian dialog dan ramah tamah dengan masyarakat dan pemuda setempat. Di antaranya pemberian Equator Award kepada pemuda setempat, dialog Gerakan Hari Bela Negara. Acara akan diselingi dengan makan durian bersama, dengan penggagas acara Equator Luak 50, Darma Sebumi Club, dan BP Gelora Stem selaku panitia penyelenggara.

“Kita berharap, kehadiran Menpora ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan pemuda, dalam membangkitkan jiwa kepemudaan dan jiwa cinta tanah air,” pungkas Buya Feri bersama Wendra Yunaldi, aktifis pemuda.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*