Menpora: Keppres Asian Games XVIII Ditunda

Menpora Imam Nahrawi.

Menpora Imam Nahrawi.

Advertisements

JAKARTA, PADANGTODAY.com– Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan Keppres Asian Games XVIII kemungkinan ditunda pengesahannya pada 20 Maret 2015 seperti batas waktu yang sebelumnya ditargetkan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Pasalnya, Presiden Joko Widodo memintanya untuk merubah struktur kepanitiaan nasional terkait perhelatan olahraga tersebut.

“Tanggal 20 Maret terhitung 6 bulan setelah ditandatangani di Incheon. Nah kalau malam ini bisa komunikasi dengan OCA, kita tunda satu minggu keppres. Semoga mereka mau,” ujar Imam di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/3) malam.

Momentum 20 Maret adalah tepat enam bulan Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018 di Incheon. OCA meminta keppres itu diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan yaitu Jumat besok.

Namun, karena Presiden Joko Widodo meminta perombakan kepanitiaan untuk memasukkan nama para mantan atlet dalam panitia, maka kemungkinan besar pembuatan keppres itu ditunda.
Imam mengaku butuh waktu lebih untuk merubah draf kepanitiaan itu karena pihaknya harus mencari mantan atlet seperti yang diinginkan presiden.

“Presiden tidak mau itu. Maunya melibatkan legendaris olahraga yang ada di Indonesia. Baik di pengarah dan pelaksana acara. Satu malam ini kami akan telusuri satu per satu siapa,” kata Imam

Setelah menentukan nama-nama atlet, kata dia, harus melaporkan terlebih dulu pada presiden dalam rapat sebelum disahkan menjadi bentuk keppres. Sebelumnya ada pejabat-pejabat dari 15 kementerian dan 3 lembaga yang dilibatkan dalam kepanitiaan. Namun, presiden meminta ada revisi dan penghapusan.

“Minta dihapus semuanya. Paling hanya tinggal Menko PMK sama Menpora. Selebihnya untuk masyarakat, olahragawan, dan swasta. Termasuk pelaku usaha,” tandas Imam. (dil/flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*