Menpora Utus Ketua KOI Untuk Komunikasi Dengan FIFA

Logo FIFA.

Logo FIFA.

Surabaya, PADANGTODAY.COM-Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah menunjuk Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo untuk menjalin komunikasi dengan FIFA. Nantinya, Rita akan menjelaskan alasan di balik sikap pemerintah terhadap PSSI.

Seperti diketahui, Menpora menerbitkan surat keputusan (SK) terkait pembekuan PSSI, Jumat (17/4/2015). Dalam surat tersebut, Menpora juga menyebut tidak mengakui hasil Kongres Luar Biasa PSSI di Surabaya, Sabtu (18/4/2015), yang menetapkan La Nyalla Mattalitti sebagai ketua umum.

Sikap pemerintah yang dianggap sebagai intervensi ini berpotensi memicu sanksi dari FIFA. Sebelumnya, FIFA juga sudah mengultimatum lantaran Badan Olahraga Profesional Indonesia tidak merekomendasikan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya untuk ikut serta di Indonesia Super League (ISL).

“Pertemuan antara Menpora dan Ibu Rita untuk meminta bantuan komunikasi dengan FIFA guna menyelesaikan persoalan PSSI,” ucap Plt Sekretaris Jenderal KOI, Hifni Hasan, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

“Komunikasinya bisa ke FIFA langsung atau komunikasi lewat telepon. Yang jelas, beliau (Ibu Rita) adalah member IOC sehingga banyak kesempatan untuk bertemu. Akan tetapi, posisinya tidak berpihak pada PSSI atau pemerintah,” lanjut Hifni.

Ini bukan kali pertama Rita mengemban tugas serupa. Dia juga pernah diutus untuk berkomunikasi dengan FIFA saat PSSI mengalami dualisme pada empat tahun silam.

(ac/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*