Mensesneg Mengatakan Presiden Jokowi Minta Polri Hentikan Kriminalisasi Kepada KPK

Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo meminta Polri untuk menghentikan kriminalisasi pada seluruh unsur dalam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pratikno menyatakan publik tak perlu meragukan komitmen Presiden Jokowi pada upaya pemberantasan korupsi.

Pratikno menegaskan, permintaan Jokowi agar Polri menghentikan kriminalisasi berlaku untuk tidak hanya pimpinan KPK, tetapi juga penyidik dan pegawai. Bahkan Pratikno berani memastikan bahwa Jokowi meminta Polri tidak mengkriminalisasi individu, lembaga atau kelompok pendukung KPK.

“Sudah dari awal Presiden mengatakan stop, enggak boleh ada kriminalisasi,” kata Pratikno, di Kantor Setneg, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Saat ditanya mengenai dugaan kriminalisasi Polri pada mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Pratikno juga menyampaikan hal yang sama. Ia pastikan, permintaan Jokowi agar Polri tidak melakukan kriminalisasi telah disampaikan secara tegas.

“Itu tidak perlu disangsikan, mari kita kawal teknisnya di lapangan,” ucap Pratikno.

Seperti diketahui, setelah KPK mengusut kasus dugaan korupsi yang menjerat Komjen (Pol) Budi Gunawan, Bareskrim Mabes Polri memberi respons dengan menetapkan dua pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sebagai tersangka.

Tak hanya itu, beberapa penyidik juga ditetapkan sebagai tersangka dengan kasus yang berbeda. Denny Indrayana yang lantang membela KPK juga tak luput dari bidikan Polri. Denny dibidik Polri dengan tudingan melakukan korupsi sistem pembayaran online untuk payment gateway dalam fasilitas pelayanan publik.

Denny mengatakan bahwa kasus yang dialamatkan pada dirinya ini adalah bagian kriminalisasi yang dilakukan Polri. Kriminalisasi, menurutnya, terjadi lantaran dia belakangan sering membela KPK.

(ia/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*