Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Menerima Delegasi Nelayan

perikanan indonesia

perikanan indonesia

Advertisements

PADANGTODAY.COM- Siang ini, Senin (2/2) Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima delegasi nelayan. Mereka menolak kebijakan Menteri Susi yang merugikan, salah satunya pelarangan penggunaan cantrang untuk menangkap ikan.

Anggota Front Nelayan Bersatu Bambang Wicaksana menyesalkan kebijakan Susi yang tidak dibicarakan terlebih dulu dengan nelayan. Untuk itu, Front Nelayan Bersatu yang terdiri dari nelayan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini meminta solusi yang tidak merugikan mereka.

“Ini kita menanyakan aturan pelarangan penggunaan cantrang. Ibu Susi ini tidak ada solusinya. Setelah dilarang beliau bilang “thats not my problem’,” ucap Bambang di KKP, Jakarta, Senin (2/2).

Dia menyebutkan, saat ini jutaan nelayan di Jawa Barat dan Jawa Tengah tidak melaut karena mayoritas menggunakan cantrang. Mereka tidak segan-segan mengancam jika Susi tak menemukan solusi.

“Solusi dari Bu Susi dong, dia yang buat aturan. Kalau tidak ada solusi ya Ibu Susi yang kami cintai, maaf kami akan terus mengganggu kerja ibu,” tegasnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan waktu sosialisasi dan percobaan hingga sembilan bulan ke depan.

“Mereka beri waktu sampai September, apakah saya akan lupa masalah ini?, Tidak. Kami tetap menuntut Permen pelarangan cantrang, kecuali ada solusi yang diberi untuk kami,” tutupnya.

Seperti diketahui, awal tahun ini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerbitkan aturan anyar, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Pukat Hela dan Tarik di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Dalam pasal 6 permen tersebut disebutkan bahwa surat izin penangkapan ikan (SIPI) dengan pukat hela dan tarik yang telah diterbitkan sebelum berlakunya Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2015 masih tetap berlaku hingga habis masanya. Sebagai penangkap ikan demersal (berhabitat di dasar perairan), masa berlaku SIPI nelayan Tegal hanya satu tahun.

(noe/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*