Menteri Sosial RI Launching Bantuan Sosial Non-Tunai PKH Sebesar 13,2 Milyar untuk Kota Payakumbuh

Menteri Sosial RI Launching Bantuan Sosial Non-Tunai PKH Sebesar 13,2 Milyar untuk Kota Payakumbuh

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com- Payakumbuh – Kementrian Sosial Republik Indonesia melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial menyalurkan bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Payakumbuh. Launching yang dilaksanakan oleh Pemko Payakumbuh melalui Dinas Sosial Kota Payakumbuh di Halaman Kantor Balaikota Baru Ex. Lapangan Poliko Payakumbuh,  Rabu 23/8/2017.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera DR. Abdul Hayat, M.Si, Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Iqbal Bermawi, Forkopimda, Pimpinan OPD terkait, Kepala Dinas Sosial Idris, Kepala BRI Cabang Kota Payakumbuh, Camat se Kota Payakumbuh dan peserta penerima Bantuan Sosial Non Tunai.

Sambutan Mentri Sosial RI yang di bacakan oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera DR. Abdul Hayat, M.Si menyampaikan Pemerintah fokus dalam penanggulangan kemiskinan dengan cara mengarahkan pada strategi pengurangan angka kemiskinan yang menekankan pada peningkatan Sumber Daya Manusia dan meningkatkan kesejahteraan lewat penghidupan kelanjutan dan keadilan.

Program Keluarga Harapan sebagai bagian dari penanggulangan kemiskinan ddan dioptimalisasikan di berbagai lini. PHK diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penurunan kemiskinan hingga 5-6% pada tahun 2019 nanti. Pemerintah menargetkan jangkauan PKH di tahun 2018 akan menyentuh angka 10 juta keluarga penerima manfaat, oleh karena itu kegiatan koordinasi PKH Tingkat Nasional ini menjadi penting untuk dilaksanakan, tuturnya.

Kementrian Sosial RI berharap peserta PKH juga mendapatkan program bantuan sosial lainnya yaitu, Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), usaha ekonomi produktif, Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) maupun program subsidi energi sehingga mereka cepat terentas dari kemiskinan.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Iqbar Bermawi membacakan sambutan tertulis Walikota Payakumbuh mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh sangat menyambut baik program ini dan semoga dengan bantuan Program Keluarga Harapan ini akan menjembatani hubungan antara pemerintah pusat dan daerahuntuk mensejahterakan masyarakat, khususnya keluarga yang sangat miskin di daerah Kota Payakumbuh. Total penerima manfaat PKH ke Kota Payakumbuh sebanyak 2.642 KPM dengan jumlah bantuan Rp.4993.380.000,- bantuan beras sejahtera sebesar Rp.7.879.842.000,- bagi 5.745 keluarga, bantuan disabilitas sebesar Rp.75.000.000,- bagi 25 jiwa, Bantuan Lanjut Usia sebesar Rp.100.000.000,- bagi 50 jiwa dan bantuan UEP-KUBE sebesar Rp.18-0.000.000,- bagi 6 keluarga.

Pemerintah Kota Payakumbuh berharap seluruh peserta PKH juga mendapat bantuan sosial lainnya, selain itu dukungan dan layanan perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) di Kota Payakumbuh diharapkan dapat mempermudah KPM PKH mengakses layanan keuangan iklusif. Terima kasih kami ucapkan kepada Tim Kementrian, seluruh jajaran dan pendamping beserta operator PKH yang telah mendukung terlaksananya program ini, Ungkap Iqbal.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera DR. Abdul Hayat, M.Si, Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Iqbal Bermawi, Forkopimda, Pimpinan OPD terkait, Kepala Dinas Sosial Idris kepada perwakilan penerima seluruh bantuan. (rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas