Menteri Susi Dorong Pengusaha Leasing Berikan Kredit Pada Nelayan

Menteri Susi

Menteri Susi

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendorong para perusahaan pembiayaan atau leasing untuk memberikan kredit pembelian kapal untuk para nelayan. Selama ini, leasing lebih banyak membiayai pembelian sepeda motor dan mobil untuk sektor konsumtif.
‎”Peluang pembiayaan juga bisa untuk kredit pembelian kapal. Dari sepeda motor lari ke kapal. Ini good business,” kata Susi dalam paparannya pada ‎acara temu pengusaha industri pembiayaan di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia di Hotel Le Meredien, Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Pemberian fasilitas kredit untuk pemilikan kapal diharapkan dapat mendongkrak industri berbasis kelautan dan perikanan nasional bisa berjaya kembali.

Susi pun menegaskan para pengusaha leasing tidak perlu khawatir nelayan tidak bisa melunasi cicilannya karena sektor ini sebenarnya memiliki peluang bisnis yang sangat baik.

“Bayangkan Kalau kita bisa menyediakan ada 5.000 kapal, satu kapal bisa ada 1.000 ton ikan per tahun. Artinya ada 5 juta ton bisa kita produksi. 1 kapal bisa‎ US$ 10 juta, kalau 5.000 kapal bisa US$ 50 miliar,” katanya.
(dna/hen/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*