Menu Makanan Rumdin Wako Sawahlunto Ditambah Makanan Khas Nagari

Padang-today.com – Menu makanan bagi para tamu yang dijamu di rumah dinas Walikota Sawahlunto akan ditambah dengan makanan khas nagari – nagari di ‘Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO’ tersebut.

Nantinya, 10 nagari di Sawahlunto akan bergantian mendapat kesempatan untuk menyuguhkan makanan khas yang dimasak oleh para bundo kanduang nagari tersebut.

Dimasukkannya makanan – makanan khas nagari ke dalam menu makanan untuk disuguhkan kepada para tamu di rumah dinas Walikota merupakan tindak lanjut setelah Walikota Deri Asta disuguhkan makanan khas nagari tersebut seusai membuka kegiatan Penguatan Kelembagaan Adat Bagi Bundo Kanduang se – Kota Sawahlunto.

“Makanan khas nagari ini adalah salah satu kekayaan budaya kuliner kita yang sangat berharga. Maka harus diperhatikan dan dilestarikan. Salah satunya kita akan memasukkan sajian makanan khas nagari ini dalam menu makanan yang bisa disuguhkan pada para tamu yang makan di rumah dinas Walikota. Silahkan pihak terkait dengan ini, koordinasikan dengan ibu – ibu bundo kanduang ini yang akan memasaknya nanti. Kita berharap ini segera terealisasi dalam waktu dekat,” sebut Walikota Deri Asta, yang didampingi Ketua Umum Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudah Thaib dan Ketua TP – PKK Kota Sawahlunto, Ny. Yossi Deri Asta.

Dengan hal itu, tambah Deri, selain menjadi langkah melestarikan makanan – makanan khas nagari, juga menjadi strategi promosi makanan lokal Sawahlunto kepada para tamu yang dijamu makan di rumah dinas Walikota.

“Kita juga ingin menunjukkan, bahwa selain wisata rekreasi, sejarah dan budaya, Sawahlunto juga punya wisata kuliner yang tidak kalah hebat dan menarik. Makanan khas nagari inilah salah satunya, selain enak dan sehat juga mempunyai kandungan sejarah dan budaya yang istimewa,” ujar Deri.

Menanggapi hal itu, para bundo kanduang ‘Kota Arang’ terlihat sangat senang dan antusias.

Ketua Bundo Kanduang Sawahlunto, Nuryanis mengatakan sangat mengapresiasi dan dia beserta jajaran bundo kanduang lainnya siap berkontribusi untuk memasak makanan khas nagari yang bakal disajikan ke rumah dinas Walikota tersebut.

“Kita bersyukur dan senang, ada respon dan sambutan yang sangat baik dari Pemerintah Kota terkhusus langsung dari pak Walikota. Semoga dengan langkah itu, juga bisa membangkitkan minat masyarakat dan generasi muda untuk makan maupun memasak dengan menu makanan khas nagari tersebut, sebab kalau tidak tentu nanti bisa hilang karena tidak ada lagi yang pandai memasaknya,” ungkap Nurjanis.

Dari data yang diperoleh Humas, jenis – jenis makanan khas nagari yang disuguhkan bundo kanduang pada Walikota Deri Asta bersama jajarannya tersebut adalah ; randang boluik dan lomang tungkek (Nagari Talawi), gulai ayam talanjao (Nagari Sijantang), asam podeh ayam kampuang dan pinyaram putiah (Nagari Kolok), udang kosambi dan sambore (Nagari Talago Gunuang), ubek baghayam dan paniaran (Nagari Lumindai), samba badotiek dan bubua putieh (Nagari Kajai), pongek lapuak ayam kampuang (Nagari Lunto)

Kemudian ayam bungo jua dan inai – inai, godok – godok serta kue mangkuak pisang (Nagari Kubang), kone – kone dan konji (Nagari Silungkang) serta ayam simauang dan atun (Nagari Tak Boncah). (*rel/dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas