Menuju Dialog BA 1 C yang Kelima, Letkol CAJ Dr Hikmat Israr Bermodal Tekad Bangun Kampung Halaman, Berbuat Baik Demi Masyarakat

Letkol CAJ Dr Hikmat Israr, Bacalon Bupati Lima Puluh Kota bersama moderator Dialog Menuju BA 1 C, Taufik.

Letkol CAJ Dr Hikmat Israr, Bacalon Bupati Lima Puluh Kota bersama moderator Dialog Menuju BA 1 C, Taufik.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com–Bagaimana menumbuhkan kebanggaan masyarakat Limapuluh Kota akan daerahnya. Sehingga, pemerintah membangun daerah ini dibantu masyarakat dengan penuh suka cita. Hasilnya, akan maksimal Bupati dan mencapai tujuan yang diinginkan.

”Bagaimanapun kecanggihan dan modernisasi tanpa keseimbangan dunia dan akhirat, hasilnya tidak akan benar. Jadi, sikap hedonis, materialistis, terbangun di masyarakat kita kian besar. Sebab, sudah telanjur membesar, maka perlu pemahaman eliminisir atau hal ini dikikis,” ujaran Letkol CAJ Dr Hikmat Israr, bakal calon Bupati Lima Puluh Kota, saat diskusi ”Menuju BA 1 C” yang digeber di Balai Wartawan Luak Limopuluah Sabtu, 2 Mei 2015 di Kompleks Kantor Bupati Lima Puluh Kota di Payakumbuh.

Letkol CAJ Dr Hikmat Israr yang selama ini berdinas di TNI AD di Jawa, mengaku keinginannya untuk mengabdi ke kampung halaman sangatlah besar. Keinginan ini mengalahkan kondisi kedinasannya yang mengharuskan untuk berdinas di TNI. Hikmat Israr kini siap berbuat baik untuk masyarakat Lima Puluh Kota.

Pilihan antara pengabdian pria kelahiran 2 Mei 1963, yang lulusan MTsN dan MAN Payakumbuh ini, versus harapan dan kedinasan sebenarnya sangat berat. Diakuinya, pilihannya ini membuatnya harus rajin dan sering pulang kampung ke Lima Puluh Kota.

Saat menyampaikan visi dan misinya, Letkol CAJ Hikmat Israr memvisikan ”Terwujudnya Masyarakat Lima Puluh Kota yang ”RANCAK” (Ramah, Amanah, Nyaman, Cerdas, Agamis, dan Kooperatif) Melalui Pemberdayaan Potensi Daerah, Sumber Daya Manusia dan Kearifan Lokal.

Membangun daerah dalam pengertian perwira menengah TNI ini diiringi dengan membangun kearifan masyarakatnya.

”Jika masyarakat sudah terbangun, ramah, baik, dan harmonis, dalam konteks ”RANCAK” itu, maka tidak ada lagi yang tidak bisa dibangun. Semua unsur akan bahu-membahu bekerja,” ujar Hikmat Israr, salah seorang putra HC Israr, pendiri Kota Payakumbuh di tahun 1970 itu.

Dialog Menuju BA 1 C yang kelima kalinya digelar kali ini, semula sepi pengunjung. Hanya beberapa kerabat narasumber dan wartawan yang setia hadir tepat waktu. Namun, diskusi yang dimulai pukul 14.00 WIB ini, menjadi heboh. Puluhan rekan sesama alumni Hikmat Israr semasa sekolah, datang ramai. Umumnya, ibu-ibu.

Dialog yang awalnya diprediksi dingin-dingin saja, sebab para tokoh dan LSM yang biasanya hadir ikut mengawal kegiatan, urung hadir satu jua. Dialog kelima; narasumber pertama Asyirwan Yunus, lalu Safaruddin Dt Paduko Rajo, Irfendi Arbi, terakhir sebelumnya Darman Sahladi, berubah total bergairah. Seakan kedatangan puluhan ibu-ibu ini member semangat seluruh peserta dialog yang lain. Wartawan juga.

10 Misi

Letkol CAJ Hikmat Israr menyampaikan misinya, maju ke kancah pencalonan Bupati Limapuluh Kota; pertama, mewujudkan budaya ramah tamah di lingkungan masyarakat. Kedua, mewujudkan aparatur yang professional dan amanah. Ketiga, mewujudkan rasa nyaman dengan terpenuhinya kebutuhan pokok dan kebutuhan dasar akan kesehatan masyarakat.

Keempat, mewujudkan masyarakat cerdas dengan tersedianya sarana pendidikan formal dan non formal yang berkualitas. Kelima, mewujudkan masyarakat yang agamis, taat beribadah, dan berakhlakulkarimah.

Keenam, mewujudkan masyarakat yang suka bekerjasama, bergotong royong dalam hal kebaikan, sehingga hal-hal yang berat dapat jadi ringan karena dipikul bersama. Ketujuh, mewujudkan sentar agribisnis, komoditi andalan daerah, dan kawasan pariwisata andalan. Kedelapan, mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana infrstruktur transportasi, pertanian, perdagangan, dan sosial.

Lalu, kesembilan, mewujudkan masyarakat nagari yang memiliki kearifan lokal berlandaskan nilai-nilai budaya adat istiadat Minangkabau. Kesepuluh, mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui pengelolaan sumberdaya alam berwawasan lingkungan.

Letkol CAJ Dr Hikmat Israr berjelas-jelas, bahwa dirinya siap menjadi Bupati ataupun Wakil Bupati. Semangat pengabdiannya sangat dipuji para wartawan.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*