Menuju Kota Sehat Wistara ke-6, Kota Payakumbuh Diverifikasi Kemenkes RI

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com—Kota Payakumbuh bersiap kembali meraih predikat Kota Sehat kategori Wistara (tertinggi) tahun 2019 ini. Senin siang (5/8) Kota Payakumbuh kedatangan Tim Verifikasi yang dipimpin oleh Eko Budi Yunihasto dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kedatangan tim disambut oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dan jajaran di Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh. Turut hadir Pengurus Kota Sehat hingga Pokja Kelurahan Sehat se-Kota Payakumbuh.

Eko Budi Yunihasto yang bertugas di Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI itu, mengapresiasi keikutsertaan Kota Payakumbuh yang dari tahun ke tahun selalu ikut mengajukan diri sebagai kota sehat dan lolos ke tahap verifikasi.

“Karena tidak semua daerah juga yang berani dan berkomitmen untuk diverifikasi. Makanya ini bukanlah lomba, namun bagaimana sebuah daerah terus berbenah untuk menjadi Kota Sehat,” tutur Eko.

Disampaikan Eko, tahun ini ada 202 daerah secara administrasi mengajukan diri sebagai Kota Sehat. “Setelah kita periksa dokumennya sekarang tinggal 165 daerah. Untuk Sumbar hanya ada 11 yang lolos verifikasi termasuk Payakumbuh,” ucapnya.

Menurut Eko, sosialisasi Kota Sehat harus lebih ditingkatkan kepada masyarakat agar kesadaran hidup sehat semakin tertanam di dalam.

“Misalnya di Payakumbuh, masyarakat tau gak yang mana sekolah sehat? Jangan tau nya mana sekolah favorit ataupun sekolah mahal saja,” ucapnya.

Namun di sisi lain, Eko menilai Payakumbuh sudah begitu baik dalam mensosialisasikan Kota Sehat sehingga kebersamaan dalam mewujudkannya dapat tercapai.

“Apalagi Payakumbuh sudah punya tugunya juga dan nilai plus lainnya adalah sudah punya aturan daerah sendiri terkait hal Kota Sehat. Ini luar biasa,” ucapnya.

Untuk perbaikan ke depan, Eko merekomendasikan agar Payakumbuh punya lokus yang lebih spesifik dalam mengimplementasikan Kota Sehat.

“Misalnya dibuat Kelurahan Bebas Rokok, atau Kelurahan 3R, dan lainnya,” ujarnya.

Usai ekspos Kota Sehat oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz dan Ketua Forum Kota Sehat Amrizal Jufri, Tim penilai kemudian bertolak ke lapangan meninjau Terminal Koto Nan Ampek dan Kawasan Wisata Ngalau Indah.

Turut mendampingi Sekda Rida Ananda, Asisten Setdako Elzadaswarman dan Amriul Dt. Karayiang, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal, dan sejumlah kepala OPD lainnya.

Jika sukses meraih Kota Sehat Wistara tahun ini, maka ini menjadi raihan yang keenam kalinya secara berturut-turut. Kota Payakumbuh akan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil meraihnya secara berturut-turut sebanyak enam kali.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas