Menuju Padang Panjang Smart City, Pertama Padang Panjang Juara Indeks Kota Cerdas Kategori Kota Kecil

Padang Panjang, Padang-Today.com – Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 untuk tahun 2018 telah memasuki babak akhir. Setelah menerima pendampingan kurang lebih selama lima bulan terakhir dari Tim Pendamping Nasional Gerakan Menuju 100 Smart City, Kota Padang Panjang sebagai salah satu daerah terpilih mulai mengikuti tahapan presentasi dalam penyusunan dokumen Masterplan Smart City.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang turun langsung memimpin Tim Penyusun dalam kegiatan ini mempresentasikan draft Masterplan Smart City Kota Padang Panjang dihadapan tim penguji di Gedung Nusantara 1 Komplek ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (12/12).

Dalam kesempatan ini, Fadly Amran menyampaikan visi dan mimpinya untuk pembangunan Kota Padang Panjang kedepannya. Melalui inisiasi Smart City ini ide, konsep dan rencana aksi Smart City Kota Padang Panjang disampaikan Fadly dengan rinci dan dengan terstruktur dihadapan tim penguji yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan.

Dalam presentasi yang berlangsung kurang lebih 45 menit ini, alih-alih ditodong banyak pertanyaan, Fadly dan tim justru menerima banyak apresiasi dan dukungan dan harapan, sesuatu yang tidak banyak diterima oleh Kabupaten/ Kota lain dalam presentasi sebelumnya. Namun tentu hal ini tidak lantas membuat Fadly dan tim berpuas diri, untuk itu Fadly tetap meminta kritik dan masukan untuk penyempurnaan dokumen yang akan ditindaklanjuti setelah tahapan presentasi ini.

Di sesi akhir kegiatan presentasi ini Walikota Padang Panjang mengikuti sesi wawancara dan tapping video bersama tim Kompas Media Group untuk kemudian akan dijadikan bagian dari Buku Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 yang akan dicetak dan dilaunching Kompas Group dalam waktu dekat.

Tahapan selanjutnya pada hari Jumat esok akan dilaksanakan closing ceremony untuk Program Gerakan Nasional Menuju 100 Smart City tahun 2018 ini, direncanakan Presiden Joko Widodo akan menutup secara resmi sekaligus menyerahkan award bagi beberapa daerah terbaik.

Selang beberapa hari setelah mempersentasikan Kota Padang Panjang menuju Smart City, kali ini kabar gembira diterima oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA, yakni Kota Padang Panjang terpilih menjadi juara pertama dalam penilaian Indek Kota Cerdas kategori kota kecil tingkat nasional.

Ada empat kategori kota yang dipilih, yakni Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil. Masing-masing kategori ada juaranya. Tahun ini, Padang Panjang terpilih sebagai juara Indeks Kota Cerdas untuk kategori Kota Kecil.

“Alhamdulillah kami mendapat kabar dari salah seorang teman dari Harian Kompas, tahun ini Kompas melalui Litbang Kompas kembali melaksanakan survey Indeks Kota Cerdas,” jelas Fadly Amran melalui Kadis Kominfo Marwilis, SH, M.Si. 

Menurutnya, tanggal 9 Januari nanti, akan ada acara di Jakarta untuk penyerahan penghargaan dan diskusi kepada walikota pemenang. “Pihak panitia minta Walikota Padang Panjang bisa hadir pada hari itu.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD Padang Panjang, Mahdelmi Datuk Barbangso menyambut baik prestasi ini. Dia menambahkan, prestasi ini dapat diraih, tentunya berkat dukungan semua pihak. “Ini merupakan prestasi masyarakat Padang Panjang,” katanya.

Mahdelmi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan program ini. Dia berharap di masa yang akan datang, Padang Panjang selalu terkemuka di tingkat provinsi dan nasional. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas