Menuju Satu Data, Pemko Gelar FGD Daerah Dalam Angka

Padangpanjang–Maksimalisasi penyebarluasan informasi statistik yang akurat terhadap publik, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang gelar Focus Group Discussion (FGD) daerah dalam angka 2019 dan menuju satu data Kota Padangpanjang bersama Badan Pusat Statistik (BPS) di Aula Lantai III Balaikota setempat, Selasa (2/4).

Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran BBA Datuak Panduko Malano mengingat seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah berjuluk Serambi Mekkah itu untuk memahami pentingnya penyajian data sebagai salah satu bahan kajian perkembangan arah kebijakan pembangunan.

“Kami berharap dan menginginkan seluruh komponen OPD untuk dapat bersinergi dengan pihak Statistik untuk penyajian data daerah dalam angka. Kita tidak ingin hanya sekadar angka sebagai data yang abal-abal, karena ini menjadi salah satu bagian penting bagi internal sebagai acuan kebijakan pembangunan,” ungkap Fadly di hadapan peserta FGD.

Ketersediaan data yang akurat merupakan landasan kebijakan pembanunan untuk setiap lini dapat terlaksana secara real time. Berbicara pengentasan kemiskinan, ditegaskan Fadly tidak bersifat closing di setiap akhir tahun anggaran. Termasuk tentang penerimaan pajak, harus dapat diketahui berapa yang langsung menyentuh masyarakat dalam pemanfaatannya.

“Karena itu saya meminta seluruh OPD untuk men-supply data termutakhir dengan keilmuan statistik. Sehingga di akhir tahun, kita memiliki data centre yang dapat diakses bagia setiap orang yang ingin mengetahuinya dengan akurasi terjamin,” ucap Fadly.

Bicara data dalam angka, Wako Fadly menyebut harus disajikan menarik dan mudah dipahami. Penyajian yang dimaksud, dapat berupa info grafis sebagai bentuk transparansi statistik terhadap masyarakat karena dapat dipahami dengan mudah.

“Setiap inofrmasi statistik yang dinilai penting untuk diketahui publik, dapat disajikan dalam bentuk info grafis. Hal ini juga dapat menjadi bahan yang menarik bagi media massa untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat dengan penyajian data dalam bentuk info grafis yang interaktif,” pungkas Wako Fadly. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas