Menuju Swasembada Pangan, Kelompok Tani Menaruh Harapan Pada Pemko Payakumbuh

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II Setdako Amriul Dt. Karayiang, bersama Ketua DPRD Payakumbuh H. YB. Dt. Parmato Alam, lakukan tanam padi sebagai bentuk mewujudkan program tanam padi serentak di kota itu, Sabtu (18/2).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Untuk meningkatkan swasembada beras, Pemko Payakumbuh canangkan menanam padi di kota itu. Pencanangan tanam padi serentak itu dilakukan di Kelurahan Tigo Koto Diateh. Karena target nasional untuk Kota Payakumbuh sebesar 42.000 ton padi pada 2017 harus dicapai. Untuk itu, kelompok tani, kelompok wanita tani, gabungan kelompok tani, pengelola sub terminal agribisnis (STA), diharapkan bisa merealisasikan target tersebut.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, diwakili Asissten II Sekdako Amriul Dt. Karayiang, didampingi oleh Ketua DPRD H. YB Dt. Parmato Alam, Kepala Dinas Tanaman Pangan Payakumbuh, Kepala Dinas Pertanian Holtikultura Provinsi Sumatera Barat, Dandim 0306/50 Kota, Kapolres Payakumbuh dan Kejari Payakumbuh, melaksanakan tanam padi serentak di lokasi Sawah Baruah, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (18/2).

Ketua DPRD H. YB Dt. Parmato Alam, dalam sambutannya, menyampaikan, tanam padi serentak yang dilakukan ini diharapkan dapat meningkatan produksi padi dan mencapai target nasional yang dibebankan kepada Kota Payakumbuh.

“Kita berharap, pencanangan yang dilakukan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam ketahanan pangan. Sehingga dengan ketahanan pangan ini akan memberi kesejahteraan bagi petani. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah akan selalu mendukung program-program yang dilakukan petani untuk menuju swasembada pangan, agar bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan membangun daerah,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa memberi semangat bagi para petani. Selain itu juga akan berdampak positif bagi peningkatan hasil pangan. Sehingga dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani. “Kami dari legislatif sangat mendukung sekali program yang telah dicanangkan oleh Pemko ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sawah Baruah Zulkhairi, pada kesempatan itu, juga sangat berharap dukungan yang diberikan pemerintah daerah. “Dengan adanya program ini, tentunya akan dapat mempercepat proses produksi yang berkelanjutan. Dari pemerintah kita telah dibantu dengan adanya pupuk bersubsidi, sehingga biaya yang dianggarkan dapat berkurang. Disamping itu, sebelumnya kita juga telah dibantu oleh PPL dalam pengolahan ini,” ujarnya.

Dikatakan, kelompok tani menaruh harapan yang besar pada pemerintah selaku pengambil kebijakan. “Karena untuk penyediaan anggaran kami masih belum merata, meski demikian kami akan terus berjuang sehingga swasembada pangan akan dapat kita capai. Selain itu, hasil produksi yang akan kita capai nantinya bisa maksimal,” pungkasnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*