Menyambut PON 2024, Main Stadium Tangkuluk Tanduk Dipersiapkan

MAIN STADIUM TANGKULUK Sumatera Barat PON 2024.

MAIN STADIUM TANGKULUK Sumatera Barat PON 2024.

Padang, PADANGTODAY.com– 14/11 Pemerintah Sumatera Barat tampak antusias dengan penyelenggaraan Pesta Olahraga yang terjadi setiap empat tahun sekali ini. Pengaturan berbagai persiapan direncanakan untuk memeriahkan PON 2024 nanti, termasuk rencana membangun main stadium.

Keseriusan Pemerintah Sumbar untuk membangun main stadium ber skala internasional itu terlihat dari diadakannya sayembara “Grand Design Main Stadium” oleh Dinas Prasarana Jalan, Jembatan dan Pemukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar, dengan tema budaya minangkabau.

Berdasarkan sayembara tersebut, terpilih desain milik Sudarmedi dkk, dengan tema “Tangkuluk Tanduak”.

Sudarmedi menjelaskan Tangkuluak, merupakan penutup kepala wanita minang. Nantinya tangkuluak akan menjadi konsep bagian frontal dan atap dari Stadion ini.

“Saya ingin agar main stadium ini menjadi ikon budaya kita, sehingga apabila orang luar ingat Sumbar ingat main stadiumnya,” katnya di Padang, Jum’at.

Ia menjelaskan, tidak hanya atapnya sja yang mempunyai ciri khas, namun dinding stadion nantinya akan diukir dengan ukiran shading khas minang yang biasa ada di rumah gadang. Sedangkan warna akan dipenuhi dengan corak marawa yakni merah, kuning dan hitam. Dimana stadion ini nantinya akan dibangun sebanyak 3 tingkat.

Ia juga merencanakan, dalam bagian kawasan stadion juga dilengkapi dengan penyediaan RTH dan taman bermain anak. Lalu green belt buffer kawasan, penerangan jalan dan lingkungan akan menggunakan tenaga matahari. Ia juga mendesain pelataran parkir dengan konsep ramah lingkungan.

Wakil Ketua III Bidang Keuangan KONI Sumbar, S. Budi Syukur mengatakan, lokasi main stadium yang agak sedikit jauh dari Padang sebaik juga dilengkapi dengan beberapa sarana cabang olahraga lain. Hal ini tentunya akan memancing masyarakat dan bibit atlet untuk meramaikan stadium di masa akan datang.

“Kalau hanya bola saja, stadium tidak terawat. Jika dilengkapi dengan sarana dan prasarana, voli, futsal, dan sarana olahraga lainnya. Minimal 5 – 6 cabang, nantinya bisa dijadikan sebagi tempat pelaksanaan kKejurnas. Ini juga akan memacu perekonomian daerah sekitar stadium,” katanya.

Selain itu, Anggota Forum Wartawan Olahraga Sumbar, Rahmatullah Akbar memberikan saran agar pembangunan “Main Stadium” ini harus memperhatikan standar yang diberikan federasi olahraga seperti FIFA, AFC dll. Sehingga tidak menjadi mubasir ketika mengundang tim-tim besar atau melaksanakan iven skala nasional maupun internasional nantinya. (wiwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*