Meriah Payakumbuh Run 2018, HUT Kota Payakumbuh ke-48, Pelari Kenya Unggul

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Memang tak terkalahkan, pelari asal negara Kenya Afrika, mendominasi Payakumbuh Run yang digelar Minggu (9/12/2018) pagi. Start di Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, ribuan peserta dilepas oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. Betul-betul antusias yang sangat tinggi.

Penyerahan hadiah pelari putri dilakukan oleh Ny. Hj. Henny Riza Falepi
Penyerahan hadiah pelari putri dilakukan oleh Ny. Hj. Henny Riza Falepi
Walikota Payakumbuh H Riza Falepi Serahkan Hadiah
Walikota Payakumbuh H Riza Falepi Serahkan Hadiah

Pelari kemudian menuju Koto Nan Ampek, terus ke pusat kota sepanjang lima kilometer. Setelahnya, para pelari putar balik untuk kembali ke lokasi finish yang juga di Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah.

Di garis finish, terbukti kedigdayaan pelari asal Kenya Afrika, James Karanja menjadi pelari pertama yang melewati garis finish dengan catatan waktu 31 menit 38 detik. Di posisi kedua ada rekan senegaranya, Miller Ngetich dengan catatan waktu 32 menit 00 detik. Terakhir, untuk posisi ketiga yang juga dari Kenya adalah Elvis Kyalo dengan waktu 32 menit 20 detik.

Di nomor putri 10 K Pelari asal Kenya juga mendominasi. Alice Muthoni Kolgi memasuki finish pertama kali dengan catatan waktu 35 menit 59 detik. Diikuti rekan senegaranya dengan nomor dada 1380 catatan waktu 36 menit 24 detik. Di posisi ketiga juga dari Kenya, yaitu Jeptoo Kipchumba dengan catatan 37 menit 27 detik.

Menyambut ulang tahun kota Payakumbuh yang ke-48, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan acara lomba lari 5K dan 10K yang akan mengambil titik start di Ngalau Indah, Payakumbuh. Lomba lari dikemas apik dan menarik banyak peserta, dari Payakumbuh bahkan perantau, serta peserta negara asing.

Terbuka untuk semua kalangan dan dibagi menjadi beberapa kategori: Closed (WNI Only), Open (Foreigner Only) dan Student. Untuk pendaftaran lomba lari ini tidak dipungut biaya pendaftaran (Gratis).

Payakumbuh Run 2018 adalah acara lomba lari 5K dan 10K yang akan mengambil titik start di Ngalau Indah, Payakumbuh. Terbuka untuk semua kalangan dan dibagi menjadi beberapa kategori: Closed (WNI Only), Open (Foreigner Only) dan Student.

Gubernur Sumbar diwakili Kadispora Sumbar Adib Alfikri serahkan hadiah pemenang Payakumbuh Run Putri
Gubernur Sumbar diwakili Kadispora Sumbar Adib Alfikri serahkan hadiah pemenang Payakumbuh Run Putri

Wahyudi Putra

Sementara itu untuk kategori nasional, Wahyudi Putra finish pertama dengan waktu 33 menit 55 detik. Posisi kedua Hamdan Sayuti catatan waktu 35 ment 56 detik. Peringkat tiga M Yunus Yunus dengan waktu 34 menit 32 detik. Wahyudi Putra adalah atlet Asian Games XVIII lalu asal Lima Puluh Kota.

Dalam ivent lari sport tourism pertama di Kota Payakumbuh kali ini, tercatat 10 pelari Internasional yang umumnya berasal dari Kenya. Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menyambut baik ikutnya beberapa pelari internasional yang ikut ambil bagian dalam ivent kali ini. Diakuinya, secara catatan waktu, pelari lokal masih belum mampu menyaingi pelari internasional.

Walikota Payakumbuh H Riza Falepi serahkan hadiah Wahyudi Putra
Walikota Payakumbuh H Riza Falepi serahkan hadiah Wahyudi Putra

“Kalau prestasi memang kita masih kalah dari runner dunia. Tapi untuk pelari kita setidaknya sudah dapat aura dunia, baru setelahnya kita kejar prestasi,” kata Riza Falepi.

Lebih lanjut, Riza Falepi menyebut, ivent sport tourism ini adalah salah satu cara Pemko Payakumbuh untuk menjadikan daerahnya sebagai salah satu daerah tujuan wisata.

“Kepada tetamu saya harap bisa menikmati Kota Payakumbuh City of Randang. Nantinya kami juga ingin jadikan Kota Payakumbuh sebagai kota sport toursm,” pungkasnya.

Walikota Payakumbuh H Riza Falepi bersama Kadisparpora mPayakumbuh Hj Elfriza Zaharman bersama para pemenang usai penyerahan hadiah.
Walikota Payakumbuh H Riza Falepi bersama Kadisparpora mPayakumbuh Hj Elfriza Zaharman bersama para pemenang usai penyerahan hadiah.

Mewakili Gubernur Sumbar, Kadispora Sumbar Adib Alfikri menyambut baik kegiatan ini. Payakumbuh menurut Adib Alfikri punya potensi yang besar untuk sukses kegiatan ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas