Merokok shisha Dapat Menyebabkan Terkena Kanker Terutama Kanker Leher.

Merokok Shisha

Merokok Shisha

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Shisha merupakan cara merokok yang diadaptasi dari budaya di Timur Tengah dengan cara mencampur tembakau dan perasa di dalamnya. Tembakau dipanaskan di bawah arang dan kemudian panas yang ditimbulkan akan mendorong asap ke dalam wadah air. Sehingga Anda pun menghirup asap tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa ada bahaya kesehatan yang mengincar di baliknya?merokok shisha ternyata dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker terutama kanker leher.

“Tanpa disadari, merokok shisha mampu membuat para perokok terekspos logam berat termasuk timbal dan uranium. Sebab asap yang melewati air menjadi semakin berbahaya karena hanya 3% dari logam berat tersebut yang terserap air sedangkan sisanya masuk ke dalam tubuh Anda melalui asap yang Anda hirup. Paparan jangka panjang karena logam berat ini mampu meningkatkan risiko kanker leher dan kanker kepala,” terang penelitian dari German Jordanian Universitydan the Royal Scientific Society Amman-Jordan.

“Karena tren merokok shisha semakin meningkat, maka penelitian ini diharapkan mampu memberikan masyarakat pengetahuan yang benar tentang rokok jenis ini. Air yang ada di dalam shisha tidak mampu menyaring racun di dalam tembakau namun hanya mampu menurunkan suhu dari asap rokok. Selain itu jenis pipa dan merk tembakau yang digunakan juga mampu menyebabkan tingkat eksposur bahan kimia yang berbeda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menggunakan alat dan bahan shisha yang telah diregulasi,” saran Dr Akeel Al-Kazwini, peneliti dari universitas tersebut.

(feb/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*