Meski Dana Belum Ada, Tahapan Mesti Dimulai, KPU Sijunjung Ajukan Anggaran Pilkada 2015

KPU Sijunjung rapat soal pengajuan anggaran Pilkada 2015. Tahapan sudah mesti dimulai.

KPU Sijunjung rapat soal pengajuan anggaran Pilkada 2015. Tahapan sudah mesti dimulai.

Sijunjung, PADANGTODAY.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung menyerahkan usulan anggaran Pilkada tahun 2015. KPU Sijunjung membutuhkan sekitar Rp 19, 2 miliar lebih untuk membiayai pesta demokrasi pemilhan kepala daerah di Lansek Manih.

”Usulan anggaran ini naik dari pengajuan sebelumnya lantaran ada pembiayaan yang harus dipukul KPU, yaitu biaya kampanye pasangan calon. Untuk poin ini, diperlukan sekitar Rp 3 miliar lebih,” kata Koordinator Divisi Teknis dan Perencanaan KPU Sijunjung, Ade Yulanda, SH, M.Kn kepada Sekdakab Sijunjung, Ade Taufik Rohendi, di ruangannya, Jumat (17/4).

Dalam pertemuan itu juga hadir komisioner lain, Lindo Karsyah dan Atika Triana dan Sekretaris KPU Sijunjung Jasril.

Disambung Atika Triana, hasil rapat di KPU Provinsi kemaren mengagendakan rapat koordinasi antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota dengan Pemprov serta Pemkab/Pemkot tanggal 27 April. Pertemuan itu bertujuan mensingkronisasi anggaran Pilkada.

”Poin mana yang dibiayai KPU Provinsi dan mana pula yang dibiaya KPU Kabupaten/kota. Selanjutnya, awal Mei diusahkan sudah ada MoU dan anggaran perhelatan pemilihan orang nomor satu dan dua di daerah yang ikut Pilkada sudah bisa digunakan,” kata Atika yang membidangi Divisi Logistik dan Keuangan.

Lindo menambahkan, satu masalah yang menghimpit sekarang adalah tahapan sudah mulai, anggaran belum ada.

”Berpedoman pada pada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubermnur, Bupati dan Wakil Bupati dam/atau Walikota dan Wakil Walikota, tanggal 19 April nanti sudah mulai, pembentukan PPK dan PPS. Ini tentu membutuhkan biaya. Kami mengusulkan untuk duduk bersama Pemda dan KPU, agar tahapan bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Usai mendengar pernyataan komisioner, Ade Taufik menjelaskan, Pemkab tadi malam (Kamis-Red) sudah mengadakan rapat mengenai pembiayaan Pilkada. Rencananya, tanggal 22 April nanti, akan rapat asistensi Tim Anggaran Pemerintahaan Daerah (TAPD) guna membahas usulan anggaran Pilkada oleh penyelenggara dan pihak terkait.

”Soal tahapan sudah dimulai, namun dana belum ada, kita bicarakan bagaimana mengatasinya,” jelas Ade Taufik.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas