Minuman Tradisional Jepang Dibuat Dari Ular Berbisa

habushuJepang, PADANGTODAY.com – Minuman ini merupakan salah satu kuliner khas dari daerah Okinawa. Yang menjadikan minuman ini berbeda dari sake pada umumnya adalah bahan baku pembuatannya, yaitu ular habu atau ular beludak Jepang. Ular ini terkenal beracun. Bisanya dapat menyebabkan mual, muntah, kelumpuhan, bahkan kematian. Habushu menurut Wikipedia adalah nama awamori, sejenis minuman beralkohol tradisional dari Jepang.

Sake ini biasa ditempatkan dalam sebuah toples tembus pandang, dengan ular utuh melingkar di dalamnya! Arak ini dibuat dari air beras yang difermentasikan, kemudian dicampur dengan berbagai rempah dan madu. Baru setelah itu ular habu direndam di dalamnya.

Ada dua cara untuk memasukkan ular habu ke dalam awamori. Cara yang paling sederhana adalah memasukkan ular hidup di dalam setoples awamori. Kemudian botol disegel sehingga perlahan-lahan ular mati karena tenggelam dalam larutan awamori. Cara kedua adalah dengan meletakkan ular habu di dalam es terlebih dahulu hingga si ular pingsan. Kemudian ular disayat dan dipukul hingga berdarah. Ketika ular sudah sudah tidak membeku dan tersadar, ia akan segera mati. Kemudian barulah bangkai ular direndam dalam larutan ethanol selama sebulan untuk mengawetkannya. Setelah direndam sekali lagi dalam campuran alkohol barulah ular diletakkan dalam stoples awamori. Metode ini dianggap cara terbaik untuk membuat habushu.

Menurut Travel CNN, habushu adalah minuman yang wajib ada di mayoritas restoran Okinawa. Arak ini termasuk eksklusif. Pembuatannya yang cukup rumit serta bahannya yang tidak biasa menjadikan harganya cukup mahal.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas