Momentum HAN, Tiga Penghargaan Diborong Kota Padangpanjang

Padangpanjang— Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang terus menunjukkan komitmen dan kepedulian dalam memenuhi hak dan perlindungan anak, kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih tiga kiategori penghargaan sekaligus dalam momentum peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Hotel Four Point By Sheraton, Makassar Sulawesi Selatan, Rabu (24/7).

Tiga penghargaan tersebut yakni Kota layak Anak Kategori Madya, Pembina Forum Anak Terbaik, dan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman Lembuti yang diserahkkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise.

Wali Kota (Wako) Padangpanjang, Fadly Amran BBA Dt Paduko Malano sangat mengapresiasi atas penerimaan tiga penghargaan tersebut. Namun dikatakannya penghargaan itu bukanlah tujuan utama Pemko Padangpanjang, karena yang terpenting adalah bagaimana semua upaya yang dilakukan demi hak anak-anak di Kota berjuluk Serambi Mekkah bisa terpenuhi dalam artian luas.

“Tujuan utama bagi pemerintah adalah, bagaimana memenuhi hak anak-anak yang ada di Kota Padangpanjang, dan mereka bisa berhasil dan sukses. Untuk itu, Insyaallah anugerah yang kita terima kali ini dapat kita jadikan pemicu ke depan agar lebih baik lagi dalam memenuhi hak dan perlindungan terhadap anak di kota sejuk ini,” ucap Wako Fadly.

Disamping itu, dikatakan Wako Fadly, penghargaan ini juga tak luput dari adanya perhatian dan dukungan penuh dari organisasi perangkat daerah (OPD) serta stakeholder terkait dan semua elemen masyarakat Kota Padangpanjang. “Dengan dukungan tersebut, Alhamdulillah ke tiga penghargaan tingkat Nasional ini dapat kita boyong sekaligus,” tutupnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Martoni, S.Sos, M.Si menyebutkan pada tahun 2018 telah dilaksanakan penilaian oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) tentang pelaksanaan mewujudkan Kota Padangpanjang menjadi kota layak anak untuk tingkat nasional.

Ada beberapa kategori penilaian yang dilakukan diantaranya, penilaian Sekolah Ramah Anak (SRA), Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), Puskesmas Ramah Anak (PRA), Masjid/Mushola dan penilaian Kota Layak Anak (KLA).

“Tiga penghargaan yang berhasil kita boyong kali ini, dipersembahkan untuk anak-anak Padangpanjang yang sudah membantu mewujudkan capaian tersebut. Khusus untuk kategori Kota Layak Anak, Padangpanjang masih bertahan dengan kembali meraih kategori Madya.  muda-mudahan di Tahun 2020 Padangpanjang bisa meraih Nindya. Anak-anak Padangpanjang hebat, cerdas dan berakhlak mulia, selamat Hari Anak Nasional,” ujar Martoni.

Sedangkan terkait penghargaan Forum Anak, Kota Padangpanjang sendiri sudah banyak mempersiapkan diri mulai dari pembangunan hingga fasilitasnya. Termasuk juga capaian indikator yang terdapat dalam penilaian.

Ketua Forum Anak Kota Padangpanjang, Ahlia Nazra memaparkan bagaimana pengalaman dan keingintahuannya untuk bisa mendapatkan penghargaan Forum Anak.

“Berbagai perbandingan kami lakukan agar Forum Anak ini juga bisa mendapatkan penghargaan. Mulai dari data yang harus dimiliki, program-program apa yang harus dilakukan. Dan Alhamdulillah berkat dukungan dan kerjasama serta dorongan dari Pemko, kami mampu mempersembahkan sebuah penghargaan untuk Padangpanjang khususnya untuk anak-anak Padangpanjang,” tutur Ahlia.

Sementara Penghargaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) merupakan persembahan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk Kota Padangpanjang, melalui ruang bermain Lebuti di Bancahlaweh. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*