MPP Memangkas Waktu Pelayan Publik

 

photo ilustrasi Mall Pelayanan Publik

Padang-today.com__Untuk mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat, pihak pemerintah Kota Pariaman, Sumbar menghadirkan mall pelayanan publik sebagai tuntutan masyarakat agar terciptanya pelayanan satu pintu dan satu area saja.

Perencanaan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) oleh pihak pemerintah setempat dibangun di lokasi Pasar Produksi Terminal Jati Kota Pariaman. Pembangunan di pasar tersebut, pihak pemko cukup merehab bangunan yang telah ada pada pasar terebut.

“ Mall Pelayana Publik membutuhkan gedung atau tempat yang strategis. Karena pertokoan di Pasar Produksi ini kurang dimanfaatkan secara maksimal, maka sangat cocok sekali pasara ini dimanfaatkan sebagai Mall Pelayanan Publik Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman Genius Umar ketika meninjau lokasi pasar produksi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat maka Kota Pariaman harus memiliki Mall Pelayanan Publik. Terkait dengan hal itu, pihak pemerintah akan menghadirkan Mall Pelayanan Publik sebagai pelayanan yang baik dan efesien untuk masayrakat Kota Pariaman.

“ Saat ini kita ada punya lokasi pasar produksi yang masih kurang pemanfaatanya. Alangkah bangusnya pasar tersebut kita jadikan sebagai Mall Pelayanan Publik. Untuk pembangunan itu, kita cukup merehab pertokoan tersebut dan disesuaikan dengan fungsinya, sehingga tidak mengeluarkan anggaran besar untuk membangun sebuah Mall Pelayanan Publik tersebut,” ujarnya.

Ia menargetkan pada tahun 2019, Pasar Produksi Terminal Jati itu akan di fungsikan sebagai Mall Pelayanan Publik Kota Pariaman.

Sebagai penanggung jawab dalam pembangunan tersebut, Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Pemerintah setempat terus berupaya mematangkan berbagai persiapan ke arah itu, termasuk diantaranya dengan meningkatkan koordinasi dengan instansi vertikal,  Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) serta pihak terkait lainnya.

“Karena sesuai dengan petunjuk yang ada, dalam mall pelayanan public ini nantinya bakal melibatkan sebanyak 19 OPD serta mencakup 201 jenis layanan di dalamnya, makanya saat ini kita terus berupaya meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait yang ada. Baik itu dengan  menggelar rapat dan pertemuan lainnya dalam rangka  menyatukan persepsi untuk itu,” terang Kadis PM, PTSP dan Tenaga Kerja Pemko Pariaman, Alfian, dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Lebih jauh Alfian menambahkan, sebagaimana  harapan Walikota Pariaman, DR Genius Umar, pihaknya berharap agar MPP tersebut  bisa direalisasikan sesegera mungkin, sehingga keberadaannya bisa  lebih memudahkan  bagi masyarakat yang akan ingin berurusan.

Menurut Alfian,  dasar hukum kehadiran MPP tersebut  berdasarkan pada Permenpan RB RI, nomor 23 tahun 2017, dimana didalamnya banyak sekali hal posifit yang bisa diperoleh  masyarakat.

“Betapa tidak karena cukup dengan hanya mendatangi satu tempat saja, maka masyarakat sudah bisa mendapatkan banyak pelayanan. Apakah itu pengurusan izin, pengurusan pajak, hingga layanan notaris, layanan pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya,” terangnya.

Karena itulah sebut Alfian, kehadiran MPP itu nantinya tidak hanya melibatkan SOPD yang ada di lingkungan Pemko Pariaman, namun juga ikut melibatkan sejumlah instansi vertikal serta  pihak swasta serta pihak terkait lainnya.

Sesua harapan Walikota Pariaman DR Genius Umar, pihaknya tentu juga berharap agar keberadaan MPP tersebut bisa direalisasikan secepatnya, sehingga nantinya sudah bisa dilounching pada bulan Juni 2019 mendatang.

“Untuk itulah sebelumnya kita telah berkoordinasi dengan pihak Kemenpan RB di Jakarta, yang terpenting prinsipnya mall pelayanan publik tersebut harus bisa jalan dulu, baru setelah itu akan sambil waktu berjalan akan terus disempurnakan lagi,” terangnya.

Ditambahkannya, sesuai arahan Walikota, maka tempat atau lokasi MPP tersebut nantinya diharapkan bisa mengarah ke sungai. Hal itu sesuai dengan visi misi Pemko Pariaman dalam rangka mewujudkan Program Water Front City di Kota Pariaman.

“Makanya harapan kita kalau dapat dalam waktu yang tidak begitu lama MPP tersebut sudah bisa diwujudkan, makanya saat ini  kita ter memfokuskan diri mempersiapkannya semaksimal mungkin,” imbuhnya.

Dengan alasan itulah pihaknya sangat mengharapkan dukungan semua pihak. Baik itu dari kalangan SOPD yang ada, pihak swasta maupun  instansi vertikal lainnya yang akan ikut terlibat dalam layanan MPP tersebut. Karena bagaimanapun dukungan semua pihak tentunya akan sangat menentukan suksesnya MPP itu sendiri.

“Jadi untuk itulah kita nantinya akan menggelar rapat secara periodik, baik itu untuk menyamakan persepsi, membicarakan masalah tekhnis dan lain sebagainya,” ujarnya.

Secara sederhana dapat dipahami bahwa keberadaan MPP tersebut adalah salah satu bentuk pelayanan serba ada yang diberikan kepada masyarakat. Tujuannya tentunya tak lain bagaimana memberikan kemudahan dan keuntungan lebih bagi masyarakat. Baik itu dari segi waktu, biaya, maupun jenis layanan yang akan didapatkan.

“Betapa tidak, selama ini masyarakat yang ingin mengurus pajak, KTP atau perizinan misalnya itu terpaksa harus bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain,” kata dia.

Dengan adanya mall pelayanan publik tersebut, masayarakat tidak perlu harus mengejar satu instasi ke instansi lainya. “ Mereka cukup hanya pindah dari satu loket ke loket lainnya. Bukankah itu akan sangat menguntungkan bagi masyarakat yang akan berurusan,” kata dia.

Selain itu, dengan adanya MPP juga bisa dipahami sebagai bentuk pelayanan yang sifatnya terintegrasi antara satu layanan dengan layanan lainnya dan semua jenis layanan yang akan diberikan di MPP tersebut nantinya semuanya berbasis technologi atau bersifat online. Artinya, seluruh kapasitas perangkat internetnya akan disiapkan oleh pihak Diskominfo Pemko Pariaman.

“Makanya bagi kita MPP ini tidak lebih dari panggilan tanggungjawab dan tantangan tersendiri, makanya kita tentu berharap semua agenda yang telah disiapkan nantinya akan bisa terwujud seperti harapan. Untuk itu tentunya kita sangat berharap dukungan semua pihak yang ada,” tandasnya mengakhiri. (syafrial suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas