MUFFIDAH KALLA BUKA LINTAU EXPO 2018, SEBUAH KARYA ANAK NAGARI LINTAU IX KOTO

Fhoto : Ibu Muffidaf Jusuf Kalla menabuh gong tanda dibukanya pameran Lintau expo 2018 di Lapangan Gedung Controuler Lintau Buo, Tanah Datar, Kamis (12/04/18).(ddy)

TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Muffidah Jusuf Kalla secara resmi buka Lintau Expo 2018 sebuah karya anak nagari Lintau IX Koto, dengan mengemas konsep budaya dan pengembangan potensi daerah, Kamis (12/04/18) di Lapangan Gedung Controleur Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

Kedatangan putri asli Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara  di Lintau Expo 2018 untuk membuka resmi kegiatan yang pertama kali digelar itu, didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Wakapolda Sumbar Brigjen. Damisnur. AM, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua Dekranasda Tanah Datar Emy Irdinansyah, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, pejabat dan perwira dilingkungan Korem 032 Wirabraja serta pejabat daerah lainnya

Sebelum membuka pameran Lintau Expo, Muffidah Kalla juga melakukan beberapa rangkaian kegiatan di Kabupaten Tanah Datar, seperti mampir kerumah gadang milik Datuk Rajo Penghulu di Tanjung Bonai, yang merupakan kampung halaman istri dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla itu. Dan melakukan kunjungan ke Mesjid Raya Tanjung Bonai yang sedang dalam tahap pembangunan.

Fhoto : Wakil Bupati Tanah Datar zuldafri Darma, memberikan cindera mata berupa lukisa dari pelukis nasional kepada Istri Wakil Presiden Muffidah Kalla di Lintau Expo.(ddy)

“Lintau Expo ini pertama kali dilaksanakan, dan merupakan sebuah karya anak nagari Lintau IX Koto yang bahu membahu untuk lebih mengenalkan potensi potensi yang ada di Lintau IX Koto, terutama pengembangan disegi ekonomi rakyat,” ucap Ketua Pelaksana Lintau Expo 2018 Rivaldi didampingi Pembina Lintau Expo 2018 Hijrah Adi Syukrial kepada www.padang-today.com usai dibuka Ibu Muffidah Jusuf Kalla.

Usai meresmikan LIntau Expo yang akan berlangsung hingga Jumat (13/4) ini, Ibu Mufidah bekesempatan mengunjungi stand-stand yang tersedia, dikelola nagari-nagari yang berada di Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara.

“Ada banyak potensi Lintau yang ditampilkan pada kegiatan ini, baik berupa kerajinan dan produk ekonomi kreatif maupun kuliner tradisional. Selain itu, program ini juga menampilkan berbagai atraksi seni budaya rakyat. Semoga potensi Lintau tersebut akan berkembang di masa mendatang,” ujar pria yang disapa Adam tersebut.

Fasli Jalal, Tokoh Masyaratakat Lintau IX Koto yang juga mantan Wakil Menteri Pendidikan era Presiden SBY di sela-sela kegiatan mendampingi kunjungan Ibu Mufidah itu, menyatakan kebanggaannya atas partisipasi dan innovasi yang ditunjukan oleh pemuda Lintau IX Koto.

“Kita berharap ini dilakukan sebagai kegiatan rutin, agar masyarakat di luar bisa lebih mengenal dengan potensi potensi lintau yang saat ini masih perlu dikembangkan,” ucap Fasli Jalal.

Dikatakannya, pada dasarnya Lintau yang terdiri dari dua kecamatan dan sembilan nagari memiliki beragam potensi, terutama di sektor pertanian, kerajinan, peternakan, dan usaha-usaha ekonomi berbasis rakyat, termasuk kerajinan songket dan tenunan yang akhir-akhir ini mulai tumbuh lagi di tengah-tengah masyarakat Lintau.

Fhoto : Ibu Muffidah Kalla didampingi Ketua PKK Provinsi, Ketua Dekranasda Tanah Datar saat mengunjungi stand di Lintau Expo 2018.(ddy)

Wabup Zuldafri dalam sambutannya menyatakan, Pemkab Tanah Datar berterima kasih atas inisiatif masyarakat Lintau, baik yang di perantauan maupun di kampung halaman, dengan terselenggaranya kegiatan Lintau Expo itu.

“Atas nama pimpinan daerah, saya memberi apresiasi yang tinggi kepada panitia, camat, para walinagari di Lintau IX Koto berserta masyarakat atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga potensi Lintau akan semakin dikenal dan dapat digali maksimal untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Zuldafri berharap, Lintau Expo dapat terselenggara setiap tahun dengan manajemen dan kegiatan yang terus meningkat menjadi lebih baik.

Usai meresmikan dimulainya kegiatan Lintau Expo 2018, Ibu Mufidah dan rombongan langsung meninjau Sekolah Songket di Nagari Tigo Jangko yang akan diresmikan operasionalnya bulan depan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Di komplek sekolah itu juga sudah berdiri dengan megah rumah susun sewa (rusunawa) berlantai tiga. Rencananya, sebagian kamar-kamar rusunawa tersebut juga akan digunakan untuk asrama siswa Sekolah Tenun. Operasional Sekolah Kriya Tenun itu juga didukung dengan gedung galeri songket.

Pada hari pertama kunjungan kerja Ibu Mufidah di Kabupaten Tanah Datar, kemarin, putri asli Nagari Tanjuang Bonai, Lintau Buo Utara itu, juga melakukan kunjungan ke berbagai tempat, di antaranya Nagari Pariangan, rumah gadang keluarga Mufidah di Tanjuang Bonai, dan mengunjungi Masjid Raya Tanjuang Bonai yang kini dalam proses rehab berat.

Jumat (13/4) ini, Ibu Mufidah dijadwalkan akan mengunjungi perkebunan sera wangi di Kecamatan Rambatan, lalu berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat di Kabupaten Solok, sebelum kembali ke Jakarta.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*