Mukhlis Lantik Pengurus BPD Kota Pariaman

Padang-today.com___Sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian dan kerjasama masyarakat Kota Pariaman dalam bidang pembangunan, Pemerintah Kota Pariaman melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 Tahun 2018 tingkat Kota Pariaman  yang berlokasi di Desa Pasia Sunua, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (24/9). Disamping acara pencanangan tersebut juga dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan pengurus Badan Perusyawaratan Desa (BPD) se-Kota Pariaman.

Walikota Mukhlis Rahman dalam sambutannya mengatakan kegiatan BBGRM disamping untuk pembangunan di Kota Pariaman yang berujung tombak pelaksanaannya di desa dan kelurahan, ia menitikberatkan pada peningkatan peran kelembagaan masyarakat di desa/kelurahan.

“Sehingga ini menjadi alasan kenapa kegiatan BBGRM yang dilaksanakan pada 55 Desa dan 16 Kelurahan di Kota Pariaman tersebut disatukan dengan pelantikan BPD”, tambahnya.

Lebih lanjut Mukhlis menjelaskan bahwa proses pembangunan yang menitikberatkan pada upaya pemberdayaan masyarakat memang bukanlah tugas yang mudah, atau gampang dan cepat untuk dicapai namun dengan dukungan dan kerja sama semua pihak serta adanya dukungan dana desa Ia yakin dan percaya semua itu dapat tercapai.

Sementara pengurus BPD yang dilantik pada hari ini merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam BPD.

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah. BPD bersama dengan kepala desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat”, lanjut Muhklis.

Ia mengimbau kepada pengurus BPD yang dilantik agar dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sebagai unsur pemerintahan desa, kepala desa dan BPD merupakan mitra sehingga diharapkan dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus besinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa kita masing-masing”, tutupnya.

Kepala DPMDes Kota Pariaman yang selaku ketua pelaksana kegiatan, Efendi Jamal menyampaikan bahwa BBGRM ini merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita.

“Kegiatan BBGRM ini dilaksanakan selama satu bulan penuh, mulai tanggal 24 September s/d 24 Oktober 2018  pada desa dan kelurahan Kota Pariaman, kegiatan gotong royong berupa kegiatan fisik seperti pembangunan rumah untuk warga yang kurang mampu secara gotong royong, dalam bidang perekonomian seperti mendukung usaha Bumdes, dan juga pertanian yang dilakukan secara gotong royong.

Sementara sebanyak 313 orang mengikuti pengambilan sumpah dan pelantikan anggota BPD se-Kota Pariaman.

“Pemilihan anggota BPD se Kota Pariaman ini telah melalui proses hasil musyawarah pemilihan yang dilakukan oleh pemerintah desa dan ini merupakan suatu cerminan demokrasi secara musyawarah dan berjalan dengan dengan baik”, pungkasnya mengakhiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*