Mukhlis R, Gerakan Pramukan Merupakan Suatu Sistem Pendidikan Nonformal Yang Pembantu Pendidikan Formal

Walikota Pariaman H Mukhlis R Bersalaman dengan peserta Pramuka.

Walikota Pariaman H Mukhlis R Bersalaman dengan peserta Pramuka.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Walikota Pariaman H Mukhlis R menyatakan, gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan pramuka adalah sebuah gerakan yang membentuk watak, karakter dan kepribadian nasional generasi muda bangsa.

“Gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler diluar sekolah, tempat menimpa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan. Gerakan Pramuka menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak dan memiliki jiwa bela negara,” kata Mukhlis R usai penutupan lomba Giat Prestasi Penegak ( GPP) di SMA N 6 Pariaman Kwartir Ranting (Kwaran) Pariaman Utara, kemarin.

Katanya, dirinya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Pariaman bersyukur, sejak revitalisasi gerakan Pramuka di Kota Pariaman telah banyak hasil dan kemajuan yang diperoleh pada peningkatan kualitas gerakan pramuka.

“Gerakan pramuka telah kembali diminati oleh generasi muda. Saya menilai, berbagai upaya peningkatan kualitas pembinaan, pengkayaan keterampilan serta pembenahan organisasi dan manajemen dalam tubuh Gerakan Pramuka telah berjalan makin baik,” ujarnya.

Katanya, sarana ini hendaknya dijadikan sebagai sarana belajar berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa. Manfaatkan momentum ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara kalian.

“Ke depan kita harapkan kegiatan ini akan menjadi agenda pembinaan yang terencana dan berkesinambunggan di tahun-tahun mendatang. Kepada para pembina dan instruktur, kami sampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian saudara yang tulus ikhlas membina adik-adik kita dalam wadah Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Apalagi katanya, even yang digelar ini, diikuti sekitar 220 peserta yang berasal dari 11 perwakilan Gugus depan (Gudep) yang ada di kwarcab Kota Pariaman. Peserta yang terdiri dari 10 Putra dan 10 Putri ditambah pembina setiap gudep 2 orang.

Dikatakan, lomba ini merupakan bentuk kegiatan yang meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia kepramukaan. Sebab disini para peserta pramuka akan dibina mentalitasnya. Selain itu pendidikan keilmuan yang selama ini mereka diperoleh dari gudepnya masing masing akan dituangkan dalam pertandingan dengan sportifitas tinggi.

“Kita berharap melalui perlombaan-perlombaan yang digelar ini akan tercipta nilai-nilai sportifitas tinggi. Saya menganggap kegiatan yang diinisiasi dewan kerja cabang ( DKC ) ini sangat strategis, sebab tujuannya membina mental para adik–adik pramuka sehingga mereka nantinya menjadi generasi muda yang terampil,handal, berdaya saing dan berkarakter,” kata Kamabicab.

Atas dasar itulah Kamabicab mengatakan, Kwarcab Kota Pariaman mendukung penuh kegiatan seperti ini. Dia berharap akan muncul inisiator-inisiator lainnya, sehingga kegiatan seperti ini akan memacu pembinaan karakter lebih terpadu. Apalagi dalam perlombaan ini banyak yang dipertandingkan seperti keahlian pengetahuan umum, hasta karya, semaphore dan sandi morse.

“Saya berharap kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan. Untuk itu ke depan akan dibuat sinergitas antara kwarcab dan kwaran, dimana kwarcab sebagai pengarah dan DKC sebagai panitia, sehingga peran kwaran dapat berdaya saing. Hal ini sejalan dengan konsep Kwarcab Kota Pariaman dimana DKC sebagai pilar pengembangan kepramukaan,” harapnya.

Selain itu, Lomba Giat Prestasi Penegak ini juga dapat mencegah adik-adik pramuka dari perbuatan negatif dan kenakalan remaja. Sebab, saat ini banyak sekali generasi muda yang terjerumus dalam bahaya narkoba dan mengalami degradasi moral. Oleh karenanya dengan banyaknya kegiatan dan aktif di pramuka, adik-adik pramuka lebih fokus dan selalu berpikir positif.

“Jadilah remaja yang aktif, kreatif dan energik serta menjauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan. Melalui gerakan Giat Prestasi Penegak yang diikuti oleh adik-adik Pramuka ini, dapat menjadi contoh untuk mengisi kegiatan yang bermanfaat dan positif yang dapat kalian jadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak. Persiapkan diri Kalian dengan baik untuk melanjutkan estafet kepemimpinan di masa yang akan dating,” tandasnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*