Mukhlis R : Jadikan Momentum Ini Proses Kedewasaan Bangsa

Walikota Pariaman H Mukhlis R saat mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke 69 di Balaikota Pariaman, Selasa (19/08).

Walikota Pariaman H Mukhlis R saat mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke 69 di Balaikota Pariaman, Selasa (19/08).

Advertisements

Pariaman, PADANGTODAY.com – Walikota Pariaman H Mukhlis R tanggal 17 Agustus 2014 adalah sebuah hari yang sangat indah bagi semua rakyat Indonesia untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 69 tahun.

“Kita bersyukur, karena selama 69 tahun telah banyak bangsa ini melewati banyak perestiwa. Semuanya untuk proses pendewasaan bangsa ini sebagai bangsa yang besar. Jadi, hari ini adalah hari yang sangat istimewat bagi nkita sebagai rakyat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita dahulu tahun 1945 atau zaman penjajahan,” kata Mukhlis R usai peringatan HUt RI ke 69 di Balaikota Pariaman, Selasa (19/08).

Katanya, para penjuang tersebut rela korbankan nyawa untuk mengusir penjajah untuk mencapai hari kemerdekaan yang dirayakan sekarang ini. Dengan ra syukur dan hikmat akan lahir kesdaran dan tekat dalam diri masing-masing masyarakat Kota Pariaman dan bangsa Indonesia untuk terus memberikan sumbangsih dan kontribusi untuk kemajuan bangsa dan Kota Pariman yang lebih baik lagi ke depannya.

Apalagi rasanya, telah banyak pengalaman yang dilalui, mulai dari zaman orde lama, baru sampai sekarang refomrasi. “Mari kita tinggalkan kebiasaan – kebiasaan yang tidak baik, seperti sering menyalahkan orang tanpa mau menkoreksi ke dalam diri sendiri atau kebiasaan memutas wancana tanpa keinginan memberikan solusi kongkrit. Saatnya kita melakukan langkah-langkah untuk kemajuan Kota Pariaman yang lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemko Pariaman dalam memperingati 69 tahun Indonesia Merdeka menggelar upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di halaman Kantor Walikota Pariaman. Inspektur upacara di pimpin langsung oleh Walikota Pariaman, H Mukhlis R.

Dalam upacara tersebut, tampil sebagai komandan upacara kapten infantri Khairuman. Sedang perwira terpilih kapten Infantri Maslur. Sementara itu tiga orang penggerek bendera dari Paskibraka Kota Pariaman berasal dari SMU 1 Pariaman yakni M. Yusuf Febriyanto, Rahmat Taufik, Rahmad Iqbal, Pembawa Baki pengibaran bendera, Annhisa Ariadini dari SMU 6 Pariaman dan Pembawa Baki Penurunan Bendera yakni Melisa Eka Putri.

Usai upacara, Walikota Pariaman H Mukhlis R membagikan penghargaan kepada 23 orang kepala desa di Kota Pariaman, karena desa yang mereka pimpin lunas PBB sampai tanggal 17 Agustus 2014.

Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Fadli menyatakan, pemberikan reward ini untuk memotivasi kepala desa dalam memungut pajak. “Pemungutan pajak merupakan sistem pendekatan dari kepala desa kepada masyarakat agar sadar akan kewajiban untuk membayarnya. Ini merupakan tugas pokok bagi kepala desa karena PBB telah menjadi pajak daerah,” tandasnya.

Tidak hanya penghargaan saja, Pemko bekerjasama dengan PT Bank Nagari memberikan beasiswa atau bantuan pendidikan kepada siswa berprestasi sejumlah Rp. 87.500.000. Upacara dihadiri unsur muspida, kepala dinas, camat, lurah, kepala sekolah, purnawirawan TNI/Polri dan Pelajar se kota Pariaman. (nur)