Mukhlis R, Pemerintah Wajib Berikan Imunisasi Dasar Kepada Setiap Bayi Dan Anak

Walikota Pariaman Tanda tangani kesepakatan wajib Imunisasi.

Walikota Pariaman Tanda tangani kesepakatan wajib Imunisasi.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Walikota Pariaman H Mukhlis R mengatakan pemerintah wajib memberikan imunisasi dasar lengkap kepada setiap bayi dan anak. Sehingga setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan kebutuhan yang berlaku.

“Pemberian imunisasi itu bertujuan untuk mencegah terjadinya PD3I ( Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) seperti TBC, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Polio dan Campak,” kata Mukhlis R saat pertemuan kader posyandu se Kota pariaman, kemarin.

Katanya, imunisasi merupakan salah satu upaya memberikan kekebalan tubuh pada bayi agar terhindar dari penyakit. Apalagi program imunisasi di katakan berhasil jika cakupan target imunisasi mencapai target UCI (Universal Child Immunization) yakni 100%, dengan kata lain masyarakat kota pariaman yang mempunyai bayi dan balita harus mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

“Saya mengharapkan, kita bersama baik dari Dinas Kesehatan, PKK, GOW kota pariaman untuk terus melakukan sosialisasi aktif kepada masyarakat dan kader kader posyandu di desa-desa dan kelurahan yang mungkin dapat di lakukan melalui sosialisasi door to door, seminar, kampanye atau talkshow melalui media elektronik tentang pentingnya imunisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Yutriadi Rivai mengatakan imunisasi merupakan salah satu target dalam pencapaian MDGS yaitu menurunkan angka kematian pada bayi dan balita, serta meningkatkan kesehatan ibu.

“Pencapaian imunisasi merupakan suatu hal yang mempengaruhi indeks pembangunan kesehatan masyarakat yang menggambarkan kemajuan dan keberhasilan pembangunan kesehatan masyarakat khususnya Kota Pariaman,” tambahnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*