Mukhlis Rahman Buka Pesantrean Ramadhan Tingkat SD dan SMP se Kota Pariaman 1438H/2017M

wako Mukhlis R beri sambutan pada kunjungan TSR tim 1 Pemko Pariaman ke Mesjud Raya Toboh Palabah

Kota Pariaman, Padang-today.com__Dengan membaca dan menghafal ayat Al qur’an dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sehingga nantinya akan bermuara pada peningkatan pendidikan generasi muda Islam di Kota Pariaman. Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman saat membuka Pesantren Ramadhan tingkat SD dan SMP 1438H/2017M, di Mesjid Darul Ma’arif Tapi Air, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum’at pagi 09-06-2017.

Menurutnya, kegiatan pesantren ramadhan, merupakan sebuah solusi untuk lebih mendekatkan anak pada Islam yang selama ini hanya diperkenalkan oleh para guru agama di sekolah, dengan kegiatan membaca ayat al qur’an dan menghafalnya, yang nantinya akan bermuara pada peningkatan pendidikan generasi muda Islam di Kota Pariaman.

“jam pelajaran agama Islam di sekolah hanya dua jam pelajaran, dapat dibayangkan, dengan jam pelajaran yang begitu terbatas, bagaimana mungkin anak-anak bisa lebih paham tentang agama, dan bisa memaknai kitab suci al qur’an.” tukasnya.

Ia berharap agar selama berlangsungnya pesantren ramadhan ini, para siswa dapat mengikutinya dengan baik, dan memaksimalkan waktu seminggu yang diperuntukkan untuk pesantren ramadhan tahun ini, dengan membaca dan menghafal ayat al qur’an, ucapnya.

“Kalau 1 hari 1 ayat saja yang kita ajarkan untuk dibaca dan dihafal oleh anak-anak kita, insyaallah ini akan menjadi bekal hafalan mereka ketika mereka dewasa nantinya,” tukas Mukhlis.

Selain itu, ia menekankan kepada para kepala sekolah, guru agama dan para pelajar, agar ikut berpartisipasi aktif dalam meramaikan mesjid, dengan kegiatan magrib mengaji dan subuh mubarokah yang dicanangkan oleh Pemko Pariaman.

Kegiatan pesantren ramadhan tingkat SD dan SMP se Kota Pariaman yang digagas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)Kota Pariaman ini, berlangsung dari tanggal 9 – 16 Juni 2017, dengan jumlah peserta pelajar sebanyak 13 ribu pelajar SD dan SMP se Kota Pariaman, ungkap Sekretaris Disdikpora Jafreki. (sgr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*