Mukhlis Rahman, Pancasila Menyatukan Bangsa Indonesia

wako selaku irup upacara peringatan hari lahir pancasila beri hormat pada bendera merah putih

Kota Pariaman, Padang-today.com__Dengan adanya peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini, hendaknya dapat kembali menyatukan bangsa Indonesia yang sempat terjadi konflik politik, kepentingan dan agama, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), akan selalu terpatri didalam sanubari kita, bahwa anugerah Bhineka Tunggal Ika, adalah rahmat yang diberikan Allah SWT, kepada kita bersama.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 juni 1945 – 1 juni 2017 (72 tahun), tingkat Kota Pariaman, di halaman Balaikota Pariaman. Kamis 01-06-2017.

“Sejarah lahirnya pancasila, Pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakannya “Pancasila”. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu, diterima secara aklamasi oleh segenap anggota Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI),” ungkapnya.

Mukhlis Rahman yang juga membacakan Amanat dari Presiden RI bapak Joko Widodo mengatakan bahwa Tahun 2017 ini, adalah kali pertama dilaksanakan serentak seluruh indonesia dalam memperingati hari lahir pancasila dengan menggelar Upacara Bendera, hal ini dilakukan karena saat ini telah banyak yang berusaha untuk menggerus keharmonisan kita dalam berbangsa dan bernegara, sehingga digagaslah untuk menjadikan tanggal 1 juni sebagai Hari besar negara, dan hari libur nasional.

wako selaku irup upacara membacakan teks pancasila pada upacara peringatan hari lahir pancasila

“Kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari sabang sampai merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, itulah Kebhineka tunggal ika-an kita,” isi pidato Jokowi yang dibacakan oleh Wako.

Diakhir amanatnya, Joko Widodo mengajak untuk saling menjaga perdamaian, menjaga persatuan dan persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa, dan saling bahu membahu bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Hadir dalam upacara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri Ny. Lucy Genius, Ketua DPRD Mardison Mahyuddin, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Hermawansyah, Kepala Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, Sekretaris Daerah Indra Sakti dan istri Ny. Kartini Indra, Kepala BPS Humahyun Akbar, Forkopimda, Kepala BUMN/BUMD, Asisten, Staf Ahli, Kepala SOPD, Kabag, Camat dan peserta Upacara yang hadir. (sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas