Mukhlis Rahman, TP4D Mencegah Timbulnya Penyimpangan dan Kerugian Daerah

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman beri sambutan sosialisasi TP4D di Pariaman

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman beri sambutan sosialisasi TP4D di Pariaman

Pariaman,PADANG-TODAY.com-Tujuan TP4D adalah mendukung keberhasilan penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan nasional dipusat maupun didaerah. Dengan adanya Sosialisasi Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah, ‘TP4D’, dan TP4D merupakan salah satu konsep yang diterapkan Kejaksaan RI dalam menindaklanjuti instruksi Presiden tanggal 24 Agustus tahun 2015 di Istana Bogor.

Untuk menindak lanjuti hal tersebut, Pemko Pariaman dan Kejari mensosialisasikan TP4D ini. Walikota Pariaman membuka acara langsung sosialisasi TP4D dalam rangka mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dilaksanakan di Ruangan Rapat Utama Kantor Walikota Pariaman. Rabu, 11/05/16 beberapa waktu lalu.

Komitmen Pemko Pariaman sebagai perpanjangan tangan pemerintaha pusat menyangkut dengan berbagai tugas pokok, fungsi dan peran terhadap pembangunan, melalui mekanisme kerja sesuai dengan konsep Nawacita yang telah dibentuk oleh kejaksanaan negeri pariaman untuk mencegah penyimpangan dan kerugian
negara.

Kegiatan sosialisasi TP4D ini diselenggarakan oleh pemerintah Kota Parimaan yaitu bagian hukum dan HAM Setdako Pariaman, bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Pariaman (Kejari).

Dalam kesempatan itu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan TP4D sebagai penguatan Penyelenggaraan good government yang menjadi prioritas dan perhatian pemerintah.

“Kegiatan ini merupakan bentuk responsibility jajaran Kejaksaan Negeri Pariaman terhadap penyerapan anggaran yang masih rendah sehingga nantinya dapat berjalan secara maksimal” ungkap Mukhlis Rahman.

Dijelaskan, dengan adanya tupoksi TP4D dari Kejaksaan Negeri Pariaman diharapkan Aparatur Kota Pariaman lebih memahami eksistensi adanya perubahan pola yang lebih transparan dan akuntabel dalam pengelolaan anggaran, sesuai dengan aspirasi masyarakat kita bersadarkan administrasi dan aturan yang sah, terangnya.

“Tujuan TP4D adalah mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan nasional dipusat maupun didaerah, selain itu juga mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian daerah,” katanya.

Selanjutnya, Mukhlis Rahman menambahkan, mari kita diskusikan bersama peranan TP4D dalam pengawasan program pembangunan terkait tahapan dari awal sampai akhir terhadap penerapan regulasi baik atas inistif dari TP4D maupun atas permintaan dari SKPD yang memerlukan, tandasnya.

Sementra Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman, Yulitaria, mengatakan agar SKPD dilingkungan Pemerintah Kota dapat memanfaatkan keberadaan Tim TP4D dalam menjalan program pembangunan.
“Antara Kejaksaan Negeri Pariaman dan Pemerintah Kota Pariaman telah memiliki MOU, tapi sampai saat ini, kami baru punya satu SKK, TP4D bisa dimanfaatkan oleh SKPD dan kami mambantu bapak dalam melaksanakan tugas, tidak perlu bayar, kami siap membantu Bapak, Sudah capek bekerja tapi bermasalah dengan hukum.” tutur Kepala Kejaksaan Pariaman ini dengan bersemangat.

Pembentukan Tim Pengawalan Pengamanan Pembangunan dan Pemerintahan Daerah (TP4D) dilatar belakangi dengan munculnya ketakutan dan kecemasan serta takut salah dari pejabat birokrasi dalam menjalankan kebijakan pembangunan, serta ragu- ragu dalam membuat keputusan, akhirnya berdampak terhadap rendahnya penyerapan anggaran, yang bermuara terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga keluarlah Instruksi presiden pada tanggal 24 agustus 2015 dan ditindaklanjuti dengan dikeluarkanya Keputusan Jaksa Agung Nomor: Kep 152/A/JA/10/2015 tentang pembentukan TP4D.

Menurut Kasi Intel, Kejaksaan Negeri Pariaman, Okta. Tim TP4D bertugas mengawal, menyamakan, mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya pencegahan/preventif dan persuasif.
“Kami sewaktu-waktu datang ke instansi Bapak, kami memilah, mana proyek strategis nasional yang perlu kami lakukan pengawalan, baik inisiatif kami maupun Inisiatif SKPD sendiri.” Tutur Kasi Intel ini.

Menurut Okta, pengawalan dan pengamanan ini berguna jika ada kesalahan dapat diperbaiki dengan cepat dan tidak bermasalah secara hukum dikemudian hari.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dengan akrab dan bersemangat dan dilanjutkan dengan tanya jawab dan dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman ,Genius Umar dan PA, KPA dan PPK dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*